Beranda News 10 Obat Rumahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

10 Obat Rumahan Alami untuk Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

0
10 Obat Alami untuk Menghilangkan Ketombe
Ilustrasi / istockphoto

Ketombe bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan tidak nyaman, dan bisa membuat seseorang merasa malu atau kurang percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk merawat kesehatan kulit kepala dan mengatasi ketombe dengan cepat.

Anda bisa menggunakan sampo anti-ketombe, melakukan perawatan dengan obat rumahan alami, atau berkonsultasi dengan dokter kulit jika kondisi ketombe Anda parah. Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, Anda bisa menghilangkan ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga bisa merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Teruslah membaca karena pada artikel ini kami telah merangkum dari berbagai sumber daftar 10 obat rumahan alami untuk menghilangkan ketombe dengan cepat

Berikut adalah 10 obat rumahan alami yang dapat membantu menghilangkan ketombe dengan cepat:

1. Teh hijau: Teh hijau mengandung antioksidan dan antibakteri yang bisa membantu membersihkan kulit kepala dan mengurangi ketombe. Cara penggunaannya adalah dengan mencuci rambut menggunakan air teh hijau yang sudah diseduh.

2. Lidah buaya: Lidah buaya mengandung sari yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi ketombe. Ambil gel lidah buaya dan oleskan ke kulit kepala selama 30 menit sebelum dibilas.

3. Minyak kelapa: Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membunuh jamur penyebab ketombe. Oleskan minyak kelapa hangat ke kulit kepala, pijat lembut, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Lemon: Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Ambil jus lemon dan oleskan ke kulit kepala selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Baking soda: Baking soda mengandung bahan kimia yang dapat membantu mengurangi ketombe. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke kulit kepala dan biarkan selama 10-15 menit sebelum bilas dengan air bersih.

6. Minyak esensial kayu putih: Minyak esensial kayu putih mengandung zat antijamur yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala sebelum tidur. Bilas dengan air hangat pada pagi hari.

7. Bawang putih: Bawang putih mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

8. Cuka apel: Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu mengatasi ketombe. Campurkan cuka apel dengan air dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

9. Daun jambu biji: Daun jambu biji mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi ketombe. Ambil beberapa daun jambu biji dan rebus dengan air hingga airnya berubah warna. Dinginkan air rebusan tersebut dan gunakan sebagai bilasan setelah mencuci rambut.

10. Madu: Madu mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi ketombe. Campurkan madu dengan minyak zaitun dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Itulah daftar 10 obat rumahan alami yang dapat membantu menghilangkan ketombe, selamat mencoba.

Baca juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Terawat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini