Beranda Internasional 15 Kecelakaan Pesawat Terburuk Nepal dalam 30 Tahun Terakhir

15 Kecelakaan Pesawat Terburuk Nepal dalam 30 Tahun Terakhir

0
15 Kecelakan Pesawat Nepal
Sebuah kecelakaan pesawat Nepal

Nepal memiliki sejarah panjang kecelakaan pesawat terburuk dengan 15 tragedi yang mematikan. Medan pegunungan yang terjal, minimnya investasi untuk pesawat dan infrastruktur baru, serta regulasi yang buruk menjadikan Nepal mempunya reputasi buruk di dunia penerbangan.

Terbaru, 68 orang tewas setelah pesawat ATR 72 milik Yeti Airlines yang membawa 72 orang jatuh di Pokhara Nepal pada, Minggu (15/1) pukul 11 pagi waktu Nepal.

15 Kecelakaan Pesawat Nepal
Sedikitnya 68 orang tewas setelah sebuah pesawat maskapai penerbangan Nepal jatuh pada hari Minggu (15/01/2023)

Menurut laporan awal, pesawat dengan 68 penumpang dan empat awak di dalamnya, jatuh sekitar 20 menit setelah lepas landas dari Kathmandu menuju Pokhara, beberapa kilometer dari lepas landas.

Akibat dari 15 kecelakaan pesawat terburuk di Nepal, Uni Eropa telah melarang maskapai penerbangan Nepal dari wilayah udaranya sejak 2013, dengan alasan faktor keamanan.

Berikut 15 kecelakaan pesawat terburuk Nepal dalam 30 tahun terakhir yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber

1. Pesawat Tara

Mei 2022 : Sebuah Pesawat Tara dengan 22 orang di dalamnya, termasuk empat orang India dari Thane, jatuh di pegunungan distrik Mustang pada 29 Mei, Minggu. Semua jasad ditemukan di badan peswat tiga hari kemudian pada hari Selasa.

Pesawat jatuh di Nepal
Puing-puing pesawat yang dioperasikan Tara Air yang hilang dengan 22 orang di dalamnya

Laporan penyelidikan pemerintah Nepal menyimpulkan bahwa cuaca buruk mungkin telah menyebabkan insiden tersebut.

2. Helikopter Air Dynasty

Februari 2019: Helikopter Air Dynasty menabrak bukit saat berusaha memutar arah kembali ke Kathmandu dalam cuaca mendung. Menteri Pariwisata Nepal Rabindra Adhikari termasuk di antara tujuh penumpang yang tewas dalam insiden tersebut.

Laporan awal penyelidikan mengklaim telah terjadi pelanggaran prosedur operasi, seperti ketidakseimbangan bobot akibat posisi tangki bahan bakar dan pengaturan tempat duduk penumpang yang salah.

3. Maskapai AS-Bangla

Maret 2018: 49 orang tewas pada 12 Maret 2018 ketika sebuah maskapai penerbangan AS-Bangla yang membawa 67 penumpang dan empat awak jatuh di bandara Internasional Tribhuvan Kathmandu.

Kecelakaan Pesawat di Nepal Terburuk
Penerbangan US-Bangla Airlines BS211 dari Dhaka, Bangladesh ke ibu kota Nepal membawa 67 penumpang dan empat awak

Penerbangan kembali dari Dhaka, terbakar setelah meluncur dari landasan saat mendarat dan jatuh ke lapangan sepak bola dekat bandara dan kemudian meledak. Sebuah komisi yang ditunjuk untuk menyelidiki menyimpulkan bahwa kemungkinan penyebab kecelakaan itu adalah disorientasi pilot.

4. Air Kashthamandap

Februari 2016: Sebuah pesawat Air Kashthamandap dengan 11 orang di dalamnya jatuh di distrik Kalikot, Nepal. Dua anggota awak tewas dan sembilan penumpang terluka dalam insiden itu.

5. Skuadron korps marinir AS

Mei 2015: Skuadron korps marinir AS jatuh di wilayah Charikot di negara itu menewaskan semua 8 penumpang di dalamnya. Huey UH-1Y, dengan enam marinir AS dan dua tentara Nepal, hilang selama misi untuk memberikan bantuan kepada korban dua gempa bumi.

6. Pesawat Dornier

Mei 2012: Tiga belas peziarah India termasuk di antara 15 orang yang tewas pada Mei 2012 ketika sebuah pesawat Dornier dengan 21 orang di dalamnya menabrak puncak bukit di Nepal utara saat mencoba mendarat di bandara dataran tinggi. Pesawat itu terbang dari Bandara Pokhara ke Bandara Jomsom.

7. Beechcraft 1900D

September 2011: Sebuah Beechcraft 1900D yang dioperasikan oleh Buddha Air yang membawa wisatawan dalam perjalanan wisata di sekitar Gunung Everest, bertabrakan dengan sebuah bukit.

19 orang di dalamnya tewas semuanya, termasuk 10 orang India. Kondisi cuaca yang buruk menjadi penyebab kecelakaan tersebut, karena bandara Kathmandu dan daerah sekitarnya terbungkus awan musim hujan yang tebal selama kecelakaan tersebut.

8. Helikopter Shree Air

September 2006: Sebuah helikopter Shree Air jatuh dalam penerbangan carteran di Nepal Timur menewaskan semua 24 penumpang di dalamnya termasuk anggota awak. Helikopter itu memiliki ekspedisi World Wide Fund for Nature yang kembali dari acara konservasi.

9. Yeti Air

Juni 2006: Pada tanggal 21 Juni 2006, saat mendekati Bandara Jumla , Nepal, Yeti Airlines DHC-6 Twin Otter jatuh ke tanah setelah kru memutuskan untuk membatalkan pendaratan dan melakukan go-around untuk alasan yang tidak diketahui. Saksi mata mengatakan bahwa pesawat itu tampaknya terhenti saat berbelok tajam di ambang landasan pacu 27 dan terbakar sebelum jatuh ke tanah di tepi timur landasan pacu.

Akibat insiden tersebut enam penumpang dan tiga kru pesawat tewas.

10. Helikopter sewaan jatuh

November 2001: Sebuah helikopter sewaan jatuh dalam penerbangan di Nepal Barat. Putri Prekshya Shah dari Nepal termasuk di antara enam penghuni yang tewas dalam insiden tersebut.

11. Twin Otter

Juli 2000: Sebuah Twin Otter yang dioperasikan oleh Royal Nepal Airlines jatuh dalam perjalanan ke bandara Dhanghadhi. Sebanyak 22 penumpang dan tiga awak tewas dalam kecelakaan tersebut.

12. Pesawat Dornier

Juli 1993: Sebuah pesawat Dornier yang dioperasikan oleh EverestAir jatuh di dekat bukit Chule Ghopte dekat Nepal. Semua tiga anggota awak dan 16 penumpang tewas.

13. Airbus A300

September 1992: Sebuah Airbus A300 yang dioperasikan oleh Pakistan International Airlines jatuh saat mendarat di bandara Kathmandu dan menewaskan 167 orang di dalamnya. Penerbangan itu datang dari Bandara Internasional Jinnah di Karachi dan menabrak punggung gunung terakhir yang terletak 11 km sebelum bandara Kathmandu.

14. Airbus 310

Juli 1992: Sebuah Airbus 310 yang dioperasikan oleh Thai Airways jatuh saat mendekat di Kathmandu dan menewaskan 99 penumpang dan 14 awak di dalamnya. Pesawat bertabrakan dengan gunung 37 km sebelah utara Kathmandu, saat hujan lebat.

Menurut penyelidikan, ada kegagalan kecil pada sayap pesawat dan pilot mengalami stres berat karena miskomunikasi dengan pengawas lalu lintas udara selama kondisi iklim yang buruk.

15. Royal Nepal

Juli 1969: Sebuah pesawat yang dijalankan oleh maskapai Royal Nepal jatuh dalam perjalanan ke bandara Sinara menewaskan 31 penumpang dan empat awak.

kaje/red
sumber: indianaexpress dan wikipedia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini