Beranda Rubrik 21 Fakta Menarik tentang Bulan Januari yang Tidak Pernah Anda Ketahui

21 Fakta Menarik tentang Bulan Januari yang Tidak Pernah Anda Ketahui

0
21 Fakta menarik tentang bulan Januari
Januari / pexels

Januari merupakan bulan pertama tahun dalam Julius dan Kalender Gregorius dan salah satu dari tujuh bulan dengan 31 hari. Hari pertama bulan ini dikenal sebagai Hari Tahun Baru.

Di sini kami menulis 21 fakta menarik tentang bulan Januari dan asal-usul serta sejarah bulan tersebut yang dimasukkan ke dalam kalender di zaman Romawi.

Selain itu, kami memiliki sedikit ulasan tentang beberapa peristiwa sejarah penting yang terjadi pada bulan Januari!

Simak 21 fakta menarik tentang bulan Januari 

21 fakta menarik tentang Januari
Januari / pexels

1. Nama bulan Januari berasal dari Dewa Romawi Janus, yang selalu digambarkan berkepala dua. Dia menggunakan satu kepala untuk melihat ke belakang pada tahun sebelumnya dan kepala lainnya untuk melihat Tahun Baru!

2. Anehnya, percaya atau tidak pasangan cenderung lebih sering berpisah atau bercerai di bulan Januari dibandingkan bulan lainnya dalam setahun.

3. Di Pasadena, California , telah diadakan Parade Mawar yang diadakan setiap tahun sejak 1890. Sejak itu telah disiarkan ke seluruh dunia dan biasanya ditonton di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

4. Jika Anda lahir di bulan Januari, batu kelahiran Anda adalah garnet !

5. Pada tahun kabisat, Januari selalu dimulai pada hari yang sama dengan April dan Juli .

6. London terkenal dengan sistem kereta bawah tanahnya yang luas, dijuluki “The Tube”. Ini masuk akal karena mereka juga bertanggung jawab untuk membuka jalur kereta api bawah tanah pertama yang beroperasi pada 10 Januari 1863 .

7. Beberapa nama sejarah untuk bulan Januari termasuk “Wulfmonath,” yang berasal dari Anglo-Saxon karena itu adalah bulan dimana serigala lapar akan datang mengais-ngais. Raja Charlemagne akan menyebutnya “Wintermanoth”, yang berarti “musim dingin/bulan dingin”.

8. Awalnya, kalender Romawi hanya memiliki 10 bulan, dan tidak termasuk bulan Januari dan Februari.

9. Raja Numa Pompilius, raja kedua Roma, bertanggung jawab untuk menambahkan bulan Januari dan Februari ke dalam kalender Romawi. Dia melakukan ini agar kalender setara dengan satu tahun lunar. Meski begitu, itu hanya memiliki 30 hari.

10. Akhirnya, Julius Caesar menambahkan hari ke-31 pada bulan tersebut dan melengkapinya menjadi bulan penuh Januari yang kita latih sekarang!

11. Januari adalah tahun yang monumental bagi Alaska ! Pada 3 Januari 1959, Alaska secara resmi menjadi negara bagian ke-49 Amerika Serikat.

12. Secara umum, Januari adalah bulan terdingin dalam setahun di Belahan Bumi Utara.

13. Bulan yang setara bulan Januari dalam hal suhu di Belahan Bumi Selatan adalah bulan Juli!

14. Merujuk kembali ke kalender Julian dan Gregorian, Januari adalah bulan pertama tahun ini dan yang pertama dari tujuh bulan menjadi 31 hari.

15. Di Inggris Raya , beberapa orang mempraktikkan “Dry January”. Ini adalah gerakan untuk mendorong orang berhenti minum alkohol selama sebulan untuk mendorong kesehatan masyarakat.

Fakta Tentang Januari
Dry January adalah kampanye kesehatan bebas alkohol yang mendorong orang untuk menjauhkan diri dari alkohol selama bulan Januari. (Kredit/Iryna Imago)

16. Januari memiliki dua tanda zodiak – Capricorn, hingga 19 Januari, dan Aquarius, hingga sisa bulan.

17. Dianthus caryophullus adalah bunga kelahiran bulan Januari – lebih dikenal sebagai anyelir!

18. Salah satu peristiwa paling berpengaruh di AS terjadi pada bulan Januari – pada tanggal 1 Januari 1892 , Pulau Ellis dibuka, memungkinkan imigrasi lebih dari 20 juta orang!

19. Koloni Pidana pertama di Australia didirikan pada Januari 1788 oleh Inggris untuk meringankan penjara Inggris yang penuh sesak.

20. Apakah Anda penggemar bintang-bintang? Selebriti itu! Maka Anda akan tertarik untuk mengetahui bahwa Penghargaan Emmy yang pertama diadakan pada tanggal 25 Januari 1949.

21. Januari mengakhiri monarki di Hawaii ketika Ratu Liliuokalani dipaksa turun tahta pada tanggal 24 bulan itu.

Jadi, Januari mungkin merupakan bulan untuk memulai yang baru, bermimpi besar, dan mencapai tujuan baru, tetapi juga merupakan bulan dengan masa lalu yang sangat berharga.

Saat Anda memasuki tahun baru, ingatlah untuk menghargai peristiwa luar biasa yang terjadi selama bulan Januari.

kaje/red

sumber: factsite

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini