Beranda Internasional 25 Tewas saat Rudal Rusia Menghantam Kota Ukraina

25 Tewas saat Rudal Rusia Menghantam Kota Ukraina

0
Serangan Rudal Rusia di Ukraina
Tim penyelamat di Uman menarik korban dari puing-puing pada Jumat pagi / BBC

Serangan udara Rusia di kota-kota di seluruh Ukraina, termasuk Kyiv, telah menewaskan sedikitnya 25 orang.

23 orang termasuk empat anak tewas dalam serangan rudal Rusia itu yang menghantam satu blok flat di pusat kota Uman, dan seorang wanita serta putrinya yang berusia tiga tahun tewas di kota Dnipro, Ukraina, menurut walikota setempat.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan serangan rudal militernya telah menargetkan unit cadangan tentara Ukraina dengan serangan tersebut.

Kantor berita RIA milik Rusia mengatakan, dalam serangan rudal itu Rusia membidik unit cadangan dan menggunakan senjata presisi tinggi pada hari Jumat.

Lebih dari 10 jam setelah serangan, tim penyelamat masih bekerja di lokasi sementara warga berusaha mengambil beberapa barang mereka. 

Di gedung-gedung terdekat, beberapa warga sudah memperbaiki jendela yang pecah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan blok apartemen itu termasuk di antara 10 bangunan tempat tinggal yang rusak di Uman.

Layanan penyelamatan negara mengatakan anak yang tewas di kota itu lahir pada 2013 dan 11 orang lainnya membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Zelensky menyerukan dunia internasional agar mengambil tindakan terhadap Rusia ats serangan itu.

“Kejahatan bisa dihentikan dengan senjata – para pembela kita melakukannya. Dan itu bisa dihentikan dengan sanksi – sanksi global harus ditingkatkan,” katanya dalam tweet .

Sementara itu, Kepala administrasi militer kota Kyiv mengatakan itu adalah serangan rudal Rusia pertama di ibu kota dalam 51 hari.

Mengutip BBC, menurut sebuah laporan oleh kantor berita milik RIA, Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa militernya telah menargetkan unit cadangan tentara Ukraina dengan serangan jarak jauh menggunakan senjata presisi tinggi.

Moskow sebelumnya mengatakan tidak dengan sengaja menargetkan warga sipil.

Baca juga: Satgas TNI Berhasil Evakuasi 110 WNI yang Terjebak Perang di Sudan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini