Beranda News 5 Serangan Hiu di Dunia yang Paling Mematikan dalam Sejarah

5 Serangan Hiu di Dunia yang Paling Mematikan dalam Sejarah

0
5 Serangan Hiu Paling Mematikan
Ilustrasi serangan hiu / istockphoto

Hiu adalah predator laut yang biasanya mencari mangsa di dekat pantai atau di perairan yang dangkal. Meskipun serangan hiu terhadap manusia relatif jarang terjadi, ketika terjadi, serangan tersebut dapat berakibat fatal bagi manusia.

Penyebab serangan hiu bisa bervariasi, termasuk kesalahan identifikasi oleh hiu karena manusia mirip dengan mangsa yang biasa mereka buru, kehadiran manusia di wilayah yang dianggap sebagai teritorial hiu, keberadaan makanan yang menarik perhatian hiu, atau gangguan pada hiu yang merangsang perilaku agresif mereka.

Baca berikutnya: Serangan Hiu Paling Mengerikan dalam Sejarah, 150 Pelaut yang Karam Dimakan Satu per Satu

Setelah serangan terjadi, korban akan mengalami luka-luka serius, seperti gigitan, laceration (luka sobek), atau avulsion (tercabut). Pendarahan yang hebat dan kerusakan pada organ vital dapat terjadi. Tingkat keparahan serangan tergantung pada jenis hiu yang menyerang, ukuran dan jenis gigi hiu, lokasi serangan pada tubuh manusia, dan seberapa cepat korban mendapat pertolongan medis.

Untuk mencegah serangan hiu, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan, seperti menghindari memasuki perairan yang dianggap berbahaya, mengenakan pakaian renang yang tidak mencolok, tidak membuang sisa makanan di laut, dan selalu memperhatikan peringatan dari otoritas terkait tentang adanya hiu di area tertentu.

Setiap serangan hiu terhadap manusia adalah tragis dan menyedihkan. Namun, beberapa serangan hiu telah dianggap sebagai yang paling mengerikan karena tingkat keparahan lukanya atau karena jumlah korban yang terlibat.

Kita mungkin sering melihat serangan hiu mematikan dalam sebuah film, kali ini kita akan mengetahui tentang 5 sejarah serangan hiu yang paling mematikan di dunia yang dilansir dari berbagai sumber.

Berikut adalah 5 serangan hiu terhadap manusia yang dianggap sebagai yang paling mematikan dalam sejarah.

5 Serangan Hiu Paling Mematikan
Ilustrasi serangan hiu / istockpoto

1. Serangan Hiu di Pantai Recife, Brasil (1992-2013). Serangan hiu di pantai Recife, Brasil tercatat sebagai salah satu yang paling mematikan dalam sejarah. Selama periode 1992 hingga 2013, tercatat terjadi lebih dari 50 serangan hiu, dengan sekitar setengahnya mengakibatkan kematian

2. Serangan Hiu di Pantai Durban, Afrika Selatan (1957): Serangan hiu ini mengakibatkan kematian 4 orang dan luka-luka pada 11 orang lainnya.

3. Serangan Hiu USS Indianapolis, Samudra Pasifik (1945): Kapal perang Amerika Serikat USS Indianapolis tenggelam setelah diserang oleh kapal selam Jepang pada Perang Dunia II. Selama terombang-ambing di laut selama empat hari, sekitar 150 awak kapal tewas akibat serangan hiu.

4. Serangan Hiu di Pantai Sinai, Mesir (2010): Serangan hiu di pantai Sinai, Mesir, terjadi pada tahun 2010 dan mengakibatkan kematian seorang wanita dan melukai empat orang lainnya.

5. Serangan Hiu New Jersey (1916): Serangan hiu terhadap manusia ini terjadi pada musim panas tahun 1916 di New Jersey, Amerika Serikat. Empat serangan terjadi dalam waktu kurang dari dua pekan, dengan dua orang tewas dan dua lainnya mengalami luka parah.

Demikian daftar 5 serangan hiu yang paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah.


Baca juga: 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini