Beranda Rubrik 6 Fakta Bahaya Tersengat Ubu-ubur, Cek Disini

6 Fakta Bahaya Tersengat Ubu-ubur, Cek Disini

0
6 Fakta Bahaya Tersengat Ubu-ubur
Ubur-ubur / istockphoto

Fakta bahaya tersengat ubur-ubur. Baru-baru ini dilaporkan dua pengunjung di Pantai Manggar, Balikpapan, diramaikan dengan insiden dua pengunjung yang disengat ubur-ubur, Kamis (27/4/2023).

Keduanya terkena sengatan ubur-ubur saat asyik berenang di pantai tersebut. Mereka terkena sengatan dibeberapa anggota tubuh seperti punggung, tangan dan leher. 

Dari informasi yang kami dapatkan, keduanya berhasil dievakusi ke puskesmas terdekat oleh satuan Ditpolair Polda Kaltim untuk mendapatkan penanganan medis. 

Teruslah membaca, pada artikel ini kami akan membahas tentang ubur-ubur, jenis, dampak sengatan dan cara penanganan apabila tersengat ubur-ubur

Ubur-ubur dapat ditemukan di seluruh dunia, terutama di perairan hangat dan dangkal, meskipun beberapa jenis juga dapat ditemukan di laut dalam.

Beberapa jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah:

  • Ubur-ubur kotak
  • Ubur-ubur botol
  • Ubur-ubur tali

Dampak tersengat ubur ubur

Tersengat ubur-ubur dapat menimbulkan berbagai dampak yang bervariasi tergantung pada jenis ubur-ubur dan seberapa besar sengatan yang diterima oleh korban. Beberapa dampak yang mungkin terjadi akibat sengatan ubur-ubur antara lain:

1. Rasa sakit yang hebat

Tersengat ubur-ubur dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan terus-menerus di bagian yang terkena sengatan.

2. Iritasi dan kemerahan

Sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, merah, dan bengkak di sekitar daerah yang terkena.

3. Mual dan muntah

Racun yang dikeluarkan oleh ubur-ubur dapat menyebabkan mual dan muntah pada korban.

4. Demam

Beberapa korban yang tersengat ubur-ubur dapat mengalami demam.

5. Kejang-kejang

Sengatan ubur-ubur yang parah dapat menyebabkan korban mengalami kejang-kejang.

6. Syok anafilaksis

Pada kasus yang jarang terjadi, sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan syok anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi serius yang dapat mengancam jiwa.

Dalam kasus yang parah, sengatan ubur-ubur dapat mengancam jiwa dan memerlukan perawatan medis segera. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mencuci sengatan dengan air laut dan mencari bantuan medis jika terjadi sengatan ubur-ubur.

Penanganan apabila tersengat ubur-ubur

Fakta Bahaya Tersengat Ubu-ubur
Ubu-ubur / pexels

Jika Anda tersengat ubur-ubur, berikut adalah beberapa tindakan yang harus Anda lakukan:

  • Segera keluar dari air

Jika Anda tersengat ubur-ubur saat berada di dalam air, segera keluar dari air untuk menghindari sengatan lebih lanjut.

  • Bilas dengan air laut

Segera bilas daerah yang terkena sengatan dengan air laut dingin untuk membantu menghilangkan sisa-sisa tentakel atau racun.

  • Jangan menggosok area yang terkena sengatan

Jangan menggosok atau menggaruk daerah yang terkena sengatan, karena hal ini dapat menyebarkan racun dan membuat kondisi menjadi lebih buruk.

  • Gunakan air asin atau larutan cuka

Jika tersedia, gunakan air asin atau larutan cuka untuk membersihkan daerah yang terkena sengatan. Air asin atau larutan cuka dapat membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi.

  • Cari bantuan medis

Jika Anda mengalami gejala yang serius, seperti kembung atau kesulitan bernafas, segera cari bantuan medis. Juga, jika sengatan ubur-ubur cukup parah dan menimbulkan rasa sakit yang hebat, Anda mungkin memerlukan perawatan medis yang lebih lanjut.

  • Hindari sengatan lebih lanjut

Setelah tersengat ubur-ubur, hindari kembali ke air atau daerah yang dianggap sebagai habitat ubur-ubur. Selalu perhatikan peringatan dan tanda-tanda di pantai tentang kemungkinan keberadaan ubur-ubur di perairan tersebut.

Menghindari sengatan ubur-ubur adalah cara terbaik untuk mencegah dampaknya. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat berada di pantai dan perairan, serta ikuti petunjuk dan peringatan yang diberikan oleh otoritas setempat.

Baca artikel menarik lainnya di Google News klik di sini >> dan ikuti paragrafnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini