Beranda Daerah DPRD Bontang Andi Faiz Dukung Dua Raperda Inisiatif Pemkot Bontang

Andi Faiz Dukung Dua Raperda Inisiatif Pemkot Bontang

0

Usulan Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang disambut baik dewan.

ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, dua Raperda inisiatif tentang pajak dan retribusi daerah ini memang perlu dilakukan untuk pembaharuan. Sehingga, akan berdampak besar terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini selaras dengan aturan yang dimuat dalam undang-undang No 1 Tahun 2022 tentang pemberian sumber penerimaan daerah berupa pajak dan retribusi.

“Seiring perkembangan zaman memang kita perlu lakukan pembaharuan dan penyesuaian Perda retribusi ini,” ujarnya, Senin (14/8/2022).

Dalam Raperda itu salah satu yang dibahas yakni tentang penerimaan daerah, yakni pajak retribusi kendaraan bermotor yang masuk ke Provinsi, akan dibagi ke daerah.

Ini sesuai dengan Undang-undang HKPD (Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah). Selain itu, juga bakal diatur soal porsi pendistribusian pajak daerah di kabupaten/kota lebih besar ketimbang provinsi.

“Selama ini kan retribusinya masuk dulu ke Provinsi baru diberikan ke daerah, kalau sekarang dengan pembaharuan Perda ini sudah tidak lagi. Porsinya juga sudah diatur, juga nominalnya dan ada skemanya. Jadi daerah dapatnya lebih besar,” terangnya.

(adv/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini