Beranda News Apa Itu QRIS ? Simak Ini Penjelasannya

Apa Itu QRIS ? Simak Ini Penjelasannya

QRIS Batang digunakan untuk berbagai jenis transaksi perbankan, seperti transfer antarbank, pembayaran tagihan, pembelian produk atau layanan, dan transaksi lainnya.

0
Penjelasan Tentang QRIS
Kode QR QRIS -Quick Response Code Indonesian Standard / qris.id

Pada artikel ini kami kami akan menjelaskan tentang QRIS, namun sebelumnya baru-baru ini terungkap kasus penipuan dengan modus menempelkan stiker QRIS palsu di kotak amal di sebuah masjid telah menjadi perhatian publik di Tanah Air.

Di ketahui, identitas pelaku adalah Mohammad Iman Mahlil Lubis (39) yang kini sudah ditangkap polisi dan ditetapkan sebagai tersangka.

Lalu, apa itu QRIS?

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang QRIS

Apa itu QRIS?

Mengutip qris.id, QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Mempermudah Pembayaran Semua E-Wallet dengan QRIS

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Selain itu, Informasi yang kami dapatkan mengutip dari berbagai sumber, QRIS Batang adalah jenis QRIS yang menggunakan kode QR berbentuk batang atau garis sebagai representasi visual dari informasi transaksi.

Kode QRIS Batang mengandung informasi transaksi seperti nomor rekening tujuan, jumlah transaksi, dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan untuk melakukan transaksi ke rekening bank yang dituju.

Proses transaksi dengan QRIS Batang melibatkan pemindaian kode QR menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital yang mendukung standar QRIS di Indonesia. Setelah kode QR di-scan, informasi transaksi akan diterjemahkan dan ditampilkan pada layar perangkat yang digunakan.

Pengguna kemudian dapat memverifikasi informasi transaksi sebelum mengonfirmasi dan memproses transaksi tersebut.

QRIS Batang digunakan untuk berbagai jenis transaksi perbankan, seperti transfer antarbank, pembayaran tagihan, pembelian produk atau layanan, dan transaksi lainnya.

QRIS Batang memungkinkan transaksi yang lebih mudah, cepat, dan aman, karena informasi transaksi yang diperlukan sudah terkode dalam bentuk QR, yang dapat dengan mudah di-scan dan diproses oleh aplikasi perbankan atau dompet digital.

QRIS Batang menjadi bagian dari inisiatif pemerintah Indonesia dalam meningkatkan keberagaman dan penerimaan metode pembayaran digital, serta memperkuat ekosistem finansial digital di negara ini. Dengan QRIS Batang, diharapkan lebih banyak masyarakat Indonesia dapat menggunakan layanan perbankan digital secara efisien dan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini