Beranda Nasional Apakah Anda Sudah Terdaftar Sebagai Pemilih Tetap di Pemilu 2024, Cek Disini

Apakah Anda Sudah Terdaftar Sebagai Pemilih Tetap di Pemilu 2024, Cek Disini

0
cara cek daftar pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Hasil Rekapitulasi Nasional Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024, sejumlah 205.853.518 pemilih. Lalu bagiamana dengan masyarakat yang telah memenuhi syarat namun belum terdata sebagai pemilih?

KPU menegaskan, bagi masyarakat yang belum terdata dalam DPS masih bisa mendaftarkan dirinya sebagai pemilih, mengingat DPS yang bersifat dinamis atau masih bisa berubah sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 21 Juni 2023 nanti.

Dan langkah pertama bagi mereka yang ingin mengetahui apakah telah terdata atau belum sebagai pemilih dapat dilakukan dengan mengakses laman cekdptonline.kpu.go.id. Dari website ini, pemilih cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukkannya (NIK).

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Akses laman cekdptonline.kpu.go.id
  2. Akan muncul “Pencarian Data Pemilih”
  3. Masukkan data berupa
    • Kabupaten/kota sesuai KTP
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berjumlah 16 digit
    • Nomor Passport untuk Pemilih Luar Negeri

 

cara cek daftar pemilu 2024Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar

  1. Klik “Pencarian”
  2.  Jika sudah terdaftar, maka akan muncul nama dan TPU sesuai data yang telah dimasukkan
  3. Jika data tidak terdaftar, maka akan ada peringatan yang mengatakan, “Data yang Anda masukkan keliru/belum terdaftar!”

Cara Cek Daftar Pemilu 2024Nah, apabila terdaftar Anda bisa menghubungi langsung Kantor Komisi Pemilihan Umum terdekat ya untuk memastikan sekaligus meminta dicantumkan ke daftar pemilih tetap jika memang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Dengan langkah tersebut menurut Anggota KPU, Betty Epsilon Idroos, maka setiap orang tahu terdaftar atau tidak.

“Maka setiap orang NIK-nya dia tahu terdaftar atau tidak. Tentu itu hak pribadi, kalau di umumkan (ditempat umum/kantor kelurahan) tentu tidak ada NIK-nya,” ucap Betty Epsilon Idroos saat menggelar konferensi pers pasca Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Tingkat Nasional Pemilu 2024, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (18/4/2023) lalu, seperti dikutip, kpu.go.id.

Pada kanal ini (cekdptonline.kpu.go.id), masyarakat menurut Betty juga bisa memberikan masukan dan tanggapan. “KPU memperbarui fitur untuk memberikan masukan dan tanggapan,” kata Betty.

Selain melalui kanal tersebut, masyarakat juga bisa menyampaikan masukan dan tanggapannya melalui petugas badan ad hoc yang ada disetiap tingkatan baik keluarahan PPS, maupun kecamatan PPK. Selain itu juga dapat menghubungi call center KPU RI, di nomor 08112024214.

“Jadi itu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terkait data pemilih,” tambah Betty.

Terakhir informasi mengenai hak pilih juga dapat dilihat disetiap kantor desa/kelurahan yang ada di daerah masing-masing.

“KPU menjaga kerahasiaan data, oleh karena itu di kelurahan hanya memuat nomor urut, nama, umur (diambil dari 14 Februari 2024) kemudian alamat dan jenis kelamin,” tutup Betty.

Baca juga: KPU: DPS Pemilu 2024, 205 Juta Pemilih

Follow Paragrafnews.com di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini