Beranda Rubrik Asal-usul dan Makna Tentang Nama 12 Bulan

Asal-usul dan Makna Tentang Nama 12 Bulan

0
Asal-usul tentang nama 12 bulan
Foto ; ISTOCKPHOTO

Asal usul tentang nama 12 bulan yang digunakan dalam kalender Gregorian yang digunakan secara luas di dunia saat ini berasal dari campuran beberapa sumber, termasuk pengaruh budaya Romawi, mitologi Yunani, dan kalender lunar kuno.

Berikut Asal-usul dan Makna Tentang Nama 12 Bulan

Januari

Nama “Januari” berasal dari Janus, dewa gerbang dan awal dalam mitologi Romawi. Janus digambarkan memiliki dua wajah, satu menghadap ke depan dan satu menghadap ke belakang, yang melambangkan awal dan akhir tahun.

Februari

Nama “Februari” berasal dari kata Latin “februum”, yang merupakan nama untuk upacara penyucian yang dilakukan pada bulan ini dalam kalender Romawi kuno.

Maret

Nama “Maret” diambil dari Mars, dewa perang dalam mitologi Romawi yang dianggap sebagai leluhur kota Roma.

April

Asal usul nama “April” masih diperdebatkan, tetapi salah satu teori mengaitkannya dengan kata Latin “aperire” yang berarti “membuka”, mengacu pada awal musim semi di belahan utara bumi.

Mei

Nama “Mei” diambil dari Maia, seorang dewi dalam mitologi Romawi yang dianggap sebagai dewi kesuburan dan pertumbuhan.

Juni

Nama “Juni” berasal dari Juno, dewi pernikahan dan keluarga dalam mitologi Romawi.

Juli

Nama “Juli” diambil dari Julius Caesar, seorang jenderal Romawi terkenal dan kaisar pertama dari Kekaisaran Romawi.

Agustus

Nama “Agustus” diambil dari Augustus Caesar, kaisar Romawi kedua yang memerintah setelah Julius Caesar. Awalnya bulan ini bernama “Sextilis” dalam kalender Romawi, tetapi diganti namanya menjadi “Agustus” untuk menghormati Augustus Caesar.

September

Nama “September” berasal dari kata Latin “septem” yang berarti “tujuh”, mengacu pada posisinya sebagai bulan ketujuh dalam kalender Romawi.

Oktober

Nama “Oktober” diambil dari kata Latin “octo” yang berarti “delapan”, mengacu pada posisinya sebagai bulan kedelapan dalam kalender Romawi.

November

Nama “November” berasal dari kata Latin “novem” yang berarti “sembilan”, mengacu pada posisinya sebagai bulan kesembilan dalam kalender Romawi.

Desember

Nama “Desember” diambil dari kata Latin “decem” yang berarti “sepuluh”, mengacu pada posisinya sebagai bulan kesepuluh dalam kalender Romawi.

Itulah asal usul nama 12 bulan dalam kalender Gregorian yang digunakan secara luas di dunia saat ini. Meskipun memiliki akar dalam budaya Romawi dan mitologi Yunani, seiring berjalannya waktu, penggunaan dan makna nama-nama bulan ini telah mengalami perubahan dan penyesuaian dalam berbagai budaya di seluruh dunia.

Baca juga: Tahu Kah Sejarah Nama Nama 7 Hari Dalam Kalender? Ini Penjelasannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini