Beranda Daerah Bahaya Covid-19 Ke Jantung, Dapat Menyebabkan Miokarditis

Bahaya Covid-19 Ke Jantung, Dapat Menyebabkan Miokarditis

0
Gambar Ilustrasi Bahayanya Covid-19 Pada Jantung.

Bontang-Paragrafnews: Wabah Covid-19 atau yang biasa disebut Virus Corona ini bukan hanya soal angka. Semua orang perlu tahu bahaya virus corona Covid-19 dan efeknya pada orang dengan penyakit bawaan.

Dikatakan dokter spesialis jantung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, dr. Suhardi, Sp.Jp bahwa Virus Corona, perlu menjadi perhatian orang yang memiliki riwayat penyakit mendasar, terutama penyakit jantung.

dokter spesialis jantung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, dr. Suhardi, Sp.Jp

“Menurut beberapa ahli yang sudah menangani, bisa terjadi miokarditis (Infeksi otot jantung)”. Ujarnya kepada media Paragraf ini, saat dihubungi via WhatsApp. Senin 23 Maret 2020 Sore.

Dimana miokarditis disebabkan oleh infeksi virus. Kasus yang parah dapat melemahkan jantung sehingga menyebabkan gagal jantung, detak jantung abnormal, dan kematian mendadak.

Namun, tindakan pengobatan tidak selalu diperlukan dalam kasus miokarditis. Karena banyak kasus miokarditis yang membaik sendiri atau tanpa pengobatan. Bagi pasien dengan gejala ringan, disarankan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan Olahraga ringan, konsumsi buah dan sayur sehingga dapat melawan infeksi secara efektif.

Pengobatan yang lebih agresif diperlukan saat kondisi pasien berlanjut menuju gagal jantung. Meski ini adalah kondisi yang serius, namun masih bisa diatasi secara efektif dengan kombinasi obat-obatan dan alat implan yang berfungsi untuk mengatur irama jantung.

Akan tetapi, jika pada virus corona ini perjalanan klinisnya sangat cepat. Apalagi pasiennya punya imun yang lemah, punya penyakit pemberat seperti Diabetes Melitus (DM), kanker, jantung maka akan semakin parah. Jadi harus betul-betul ditangani secara medis.

“Itu kacamata dari masalah jantung ya”, Ucapnya.

Ia pun berpesan, bagi penderita jantung tetap melaksanakan himbauan pemerintah yakni social distancing atau physical distancing, jaga kondisi tubuh dan menerapkan perilaku sehat (rajin cuci tangan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini