Beranda News Berikut Adalah 10 Fakta Menarik Tentang Arab Saudi

Berikut Adalah 10 Fakta Menarik Tentang Arab Saudi

0
10 Fakta Menarik Tentang Arab Saudi

Selamat datang di artikel ini, pada artikel ini Anda akan menemukan 10 fakta menarik tentang Arab Saudi. Arab Saudi, adalah sebuah negara di Timur Tengah yang terletak di Semenanjung Arab. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 2,15 juta kilometer persegi dan merupakan negara terbesar kedua di kawasan Timur Tengah setelah Algeria. Ibu kota Arab Saudi adalah Riyadh.

Salah saru fakta menarik tentang Arab Saudi adalah, dikenal sebagai tanah suci bagi umat Muslim, karena kota-kota suci Makkah dan Madinah berada di dalam wilayah negara ini. Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia setiap tahunnya melakukan ibadah haji ke Makkah dan Madinah.

Arab Saudi juga dikenal sebagai negara produsen minyak terbesar di dunia, dengan cadangan minyak yang melimpah. Sejak ditemukannya minyak pada tahun 1930-an, Arab Saudi telah menjadi salah satu kekuatan ekonomi global.

Sistem pemerintahan di Arab Saudi adalah monarki absolut, di mana raja merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan. Bahasa resmi yang digunakan di Arab Saudi adalah bahasa Arab dan mayoritas penduduknya adalah Muslim Sunni.

Arab Saudi juga memiliki budaya yang kaya dan beragam, yang mencakup seni, musik, tari, dan arsitektur. Salah satu warisan budaya yang paling terkenal adalah seni ukir kayu yang rumit, yang disebut Al-Qatt Al-Asiri.

Meskipun Arab Saudi adalah negara yang kaya dan maju, tetapi masih ada berbagai isu sosial dan politik yang dihadapi, termasuk kurangnya kebebasan sipil dan politik, hak asasi perempuan yang terbatas, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Arab Saudi:

1. Arab Saudi adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan merupakan negara terbesar kedua di kawasan tersebut setelah Algeria.

2. Negara ini terkenal sebagai tujuan utama bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk melakukan ibadah haji, dan memiliki dua kota suci yaitu Makkah dan Madinah.

3. Bahasa resmi di Arab Saudi adalah bahasa Arab, sedangkan agama yang dominan di negara ini adalah Islam Sunni.

4. Arab Saudi adalah produsen minyak terbesar di dunia dan memiliki cadangan minyak yang melimpah. Sektor minyak dan gas merupakan sektor utama perekonomian negara ini.

5. Arab Saudi memiliki sistem pemerintahan monarki absolut, di mana raja adalah kepala negara dan kepala pemerintahan.

6. Negara ini memiliki beberapa warisan budaya yang menarik, seperti seni ukir kayu yang rumit yang disebut Al-Qatt Al-Asiri dan juga seni tari tradisional yang disebut Ardha.

7. Arab Saudi memiliki populasi yang besar, dengan sekitar 34 juta penduduk, dan kota-kota besar seperti Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

8. Negara ini memiliki iklim yang panas dan kering sepanjang tahun, dengan suhu yang bisa mencapai 50 derajat Celsius pada musim panas.

9. Arab Saudi juga dikenal karena memiliki kebijakan sosial dan budaya yang konservatif, seperti membatasi interaksi antara laki-laki dan perempuan yang bukan keluarga.

10. Meskipun negara ini kaya, namun masih ada beberapa masalah sosial dan politik yang dihadapi, termasuk kurangnya kebebasan sipil dan politik, hak asasi perempuan yang terbatas, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Demikian 10 fakta menarik tentang Arab Saudi, semoga menambah wawasan buat Anda.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Mesir yang Menarik untuk Diketahui 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini