Beranda News Bukit Batu Dinding, Landscape Eksotik Tebing Karst View Keren

Bukit Batu Dinding, Landscape Eksotik Tebing Karst View Keren

0
Bukit Batu Dinding
youtube.com

Pesona eksotik Bukit Batu Dinding memang tiada duanya. Kawasan wisata alam di Kalimantan Timur ini hadir dengan landscape bebatuan alam dengan view keren.

Suasana sekitarnya pun masih asri dan sejuk. Masyarakat memberikan nama Batu Dinding Samboja. Ini karena lokasinya berada di Samboja.

Meski belum lama muncul, tetapi pesonanya mampu menjadikan Bukit Dinding Samboja sebagai destinasi wisata favorit. Bahkan akhir-akhir ini tak pernah sepi pengunjung. Bila mencari wisata tebing menawan yang menyuguhkan spot foto keren, Batu Dinding Samboja rekomendasi terbaiknya.

Bukit Batu Dinding
youtube.com

Pesona Menawan Bukit Batu Dinding Samboja

Keindahan dan keunikan alam Kalimantan Timur memang layak mendapat acungan 2 jempol. Anda tidak akan pernah bisa menemukan tempat yang serupa.

Bumi Kalimantan Timur menyimpan tempat wisata bak surga tersembunyi. Bahkan beberapa tempat wisata yang baru saja muncul merupakan faktor ketidaksengajaan. Salah satunya adalah Bukit Dinding Samboja.

Mulanya, perbukitan karst eksotis ini adalah temuan mahasiswa yang menimba ilmu di salah satu universitas Bandung. Mereka menemukan Bukit Batu Dinding pada tahun 2015. Kala itu, mahasiswa yang notabene sedang menggarap skripsi tentang batuan dan memilih tebing batuan karst di Samboja menjadi objek observasi.

Keberadaan tebing batu eksotis ini menjadi viral tatkala mahasiswa tersebut mengunggah foto-foto yang menampilkan eloknya alam sekitar tebing-tebing terjal yang tinggi menjulang. Penasaran keindahan seperti apa yang sebenarnya ada di balik bebatuan karst di Samboja, Kalimantan Timur? Simak ulasan singkat berikut ini.

Ikon Unik Seperti Tembok Cina

Jangan dulu mengaku pencinta trekking bila belum mencoba wisata ekstrem yang satu ini. Secara keseluruhan tampilan tebing mirip Tembok Besar di Cina.

Hal ini benar adanya. Sejauh mata memandang hanya akan melihat batu-batu yang menjulang dengan lebar puncak 5 meter. Ada pula tebing dengan lebar 1 meter.

Dikatakan mirip Tembok Cina karena Bukit Batu Dinding hadir dengan panjang membentang hingga 150 meter. Untuk ketinggian tebing, rata-rata sekitar 125 meter. Ketinggian yang sedemikian pas banget menjadi ajang bagi para pencinta alam dan petualang.

Bukit-bukit tersebut seolah membelah tengah-tengah area hutan rimbun. Batuan yang membentuk bukit masih alami dan terbilang cukup terjal.

Ketika memutuskan menuju lokasi, maka harus ekstra sabar karena benar-benar butuh perjuangan. Selain sektor keamanannya belum memadai, akses untuk mencapai bukit masih sulit. Belum lagi kondisi jalanan sempit sehingga harus rela menempuhnya dengan berjalan kaki jauh.

Rasa deg-degan dan capek yang Anda rasakan sepanjang perjalanan akan hilang begitu saja ketika sudah mencapai puncak bukit. Ada view alam yang begitu eksotis dan Anda harus mengakui itu. Rentangkan kedua tangan kemudian mendongakkan kepala ke atas dengan mata terpejam dan pujilah keagungan Sang Pencipta.

Dari atas bukit Batu Dinding Samboja, Anda bisa menyaksikan eloknya alam belantara Kalimantan Timur yang masih hijau, asri, dan sejuk.

Siapkan Fisik dan Mental Prima

Mendaki Batu Dinding Samosa akan memberikan sensasi menegangkan sekaligus mengasyikkan. Irama adrenalin seakan berpacu selama perjalanan.

Bagaimana tidak? Batu Dinding Samosa adalah bukit curam yang memiliki sudut kemiringan hingga 95º hingga 100º.

Terlebih lagi kontur tanahnya berupa batu-batu pasir. Butuh ekstra hati-hati menyusuri jalannya, terlebih jika berkunjung di musim hujan.

Trekking di Batu Dinding Samosa lebih menantang. Memang benar jika tidak hanya butuh fisik yang fit, tetapi juga perlu persiapan mental yang baik.

Hal ini karena sistem keamanan di area wisata belum memadai. Salah melangkah sedikit saja, maka Anda akan terjun bebas ke jurang.

Ini karena belum ada pembatas permanen yang memisahkan tepi batu dinding dengan jurang. Sejauh ini pembatas hanya terbuat dari tali tambang dan rafia saja. Namun, pembatas tersebut belum dipasang pada semua jalurnya.

Berburu Spot Foto Sunrise dan Sunset

Sunrise dan sunset adalah momen yang banyak diburu pengunjung wisata. Letak Bukit Batu Dinding cukup strategis.

Jadi, ketika berada di atas bukit memungkinkan Anda melihat momen sunrise dan sunset. Tak jarang hunting foto di atas bukit menjadi buruan fotografer dan pendaki sejati.

Bila ingin menikmati sunrise, disarankan berkunjung ke lokasi sekitar pukul 3 dini hari. Tujuannya agar momen sunrise tidak terlewatkan.

Begitu pula jika ingin menikmati sunset. Datanglah lebih awal supaya bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Ambil gambar dengan kamera terbaik milik Anda.

Lokasi Wisata

Tertarik sport jantung di Bukit Dinding Samboja? Silakan menuju Desa Bukit Merdeka, Samboja, Kutai Kartanegara.

Awali perjalanan trekking Anda dari Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan, kemudian menuju Samarinda. Supaya travelling mencapai lokasi tidak terkendala, silakan memanfaatkan Google Maps.

Ingin membuktikan kedamaian dan sejuk segarnya alam Bukit Batu Dinding? Masukkan destinasi wisata ciamik ini ke daftar itinerary liburan Anda berikutnya. Pastikan juga Anda datang berkunjung dalam keadaan fit dan prima.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini