Beranda News Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Gangguan

Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Gangguan

0
Cara Menjaga Kesehatan Mata
unsplash.com
Cara menjaga kesehatan mata berikut ini tentunya harus Anda terapkan agar kondisi mata tetap sehat, bagus, dan tidak terganggu. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting. Dengannya maka kita bisa melihat berbagai benda di sekitar kita. Akhirnya pun kita bisa melakukan berbagai aktivitas rutinitas dengan lebih mudah dan nyaman. Apalagi jika kesehatan mata bisa terjaga sehingga kita bisa melihat dengan jelas. Dengan begitu maka kita tetap merasa nyaman dan penglihatan tidak akan terganggu. Berbeda jika kondisi mata ternyata malah semakin memburuk. Hal tersebut tentunya tidak disukai oleh banyak orang di dunia ini. Sebab mereka harus menggunakan kacamata maupun melakukan berbagai pengobatan agar penglihatan kembali membaik.

Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Anda Terapkan

Seiring bertambahnya usia, tentunya fungsi atau kesehatan mata bisa semakin menurun. Apalagi jika ditambah dengan berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak mata. Akibatnya lama kelamaan penglihatan kita bisa terganggu, misalnya menjadi buram. Mata memang bisa mengalami berbagai masalah yang tentunya mengganggu. Misalnya seperti rabun, astigmatisme, mata kering, konjungtivitis, katarak, dan sebagainya. Berbagai gangguan tersebut bisa diantisipasi dengan menggunakan kacamata bahkan operasi untuk benar-benar menyembuhkannya. Meskipun mungkin masih bisa disembuhkan, tentunya akan lebih baik jika kita tidak mengalaminya. Sebab kita semua tahu bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Sehingga lebih baik kita mencegah terjadinya gangguan mata ini daripada mengobatinya yang pastinya akan memakan banyak biaya. Untuk mencegah terjadinya gangguan ini tentunya kita harus menerapkan cara menjaga kesehatan mata. Dengan begitu maka kondisi mata bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah. Nah, berikut ini adalah cara menjaga mata yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

Penuhi Asupan Gizi

Pertama tentunya Anda harus memenuhi asupan gizi dengan mengonsumsi makanan bergizi. Untuk mata, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E lutein, asam lemak, omega 3, dan selenium. Contohnya yaitu sayuran hijau, tuna, telur, jeruk, dan kacang-kacangan.

Olahraga Rutin

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga bisa mengurangi risiko penyakit mata. Bahkan juga bisa menurunkan risiko kehilangan penglihatan karena darah tinggi, diabetes dan kolesterol. Karena itu Anda bisa mulai rutin berolahraga mulai saat ini.

Hindari Kebiasaan Membaca yang Buruk

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya yaitu hindari kebiasaan membaca yang buruk. Misalnya yaitu membaca di tempat yang gelap dan jaraknya terlalu dekat. Pastikan jaka mata dan buku setidaknya sekitar 25 hingga 30 cm.

Istirahatkan Mata Selama Menggunakan HP atau Komputer

Ketika menggunakan HP atau komputer Anda juga harus mengistirahatkan mata agar tidak lelah. Setiap 20 menit sekali Anda bisa mengalihkan pandangan dari laptop. Selain itu Anda juga bisa mengistirahatkan mata setiap 15 menit dalam 2 jam sekali.

Hindari Paparan Sinar Ultraviolet

Selama berkegiatan di luar ruangan Anda bisa melindungi mata dengan kacamata hitam. Tujuannya agar mata tidak terpapar sinar ultraviolet langsung dari matahari. Selain itu kacamata juga mampu melindungi mata dari debu yang berterbangan.

Hati-hati dengan Make up

Berhati-hati saat menggunakan make up juga menjadi cara menjaga kesehatan mata dengan mudah. Sebelum maupun setelah menggunakan make up sebaiknya Anda harus mencuci wajah hingga bersih. Lalu jika muncul iritasi atau infeksi mata karena make up maka segera periksakan diri ke dokter.

Memeriksakan Mata Secara Rutin

Setiap orang baik anak-anak hingga lansia tentunya harus rutin memeriksakan mata setidaknya 2 tahun sekali. Tujuannya yaitu untuk mencegah penyakit yang bisa muncul sebab pertambahan usia. Misalnya seperti katarak, glaukoma atau degenerasi makula. Melalui pemeriksaan maka dokter bisa memantau kondisi mata serta mendeteksi masalah mata sejak dini. Termasuk masalah yang terjadi karena penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Pemeriksaan mata juga penting jika Anda memiliki riwayat penyakit mata yang asalnya dari genetik.

Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya yaitu dengan berhenti merokok jika Anda seorang perokok aktif. Selain membawa dampak buruk untuk sistem pernapasan, rokok juga bisa mengganggu kesehatan mata. Merokok bisa meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, dan juga kerusakan saraf optik.

Jangan Terlalu Lama Menggunakan Lensa

Lensa kontak bisa menyebabkan iritasi pada mata, apalagi jika penggunaannya sangat lama. Karena itu gunakan lensa kontak seperlunya saja dan jangan lupa untuk melepasnya. Saat memasang dan melepasnya pun pastikan tangan sudah bersih.

Jaga Berat Badan

Penyakit obesitas dan diabetes juga bisa menyebabkan gangguan penglihatan bahkan kebutaan. Karena itu penting untuk selalu menjaga dan mengontrol berat badan agar tetap normal. Jangan lupa juga untuk membatasi asupan kalori yang tinggi. Itulah berbagai cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menerapkan cara di atas setiap hari untuk terus menjaga kondisi mata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini