Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) pada saat meggelar konferensi pers didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (kanan) memberikan keterangan pers seusai menggelar rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 2/2/2020. (Foto: Antara)

Jakarta – Paragrafnews.com: Dalam upaya antisipasi mencegah wabah virus corona dari China masuk ke Indonesia untuk sementara pemerintah melarang warga negara dari China untuk masuk dan transit di semua wilayah Indonesia.

Larangan itu muncul terkait dengan mewabahnya virus Corona, yang berasal dari Wuhan, China.

Baca Juga: Efek Virus Corona, Selain RI Berikut Daftar Negara yang Menolak Turis China

“Mereka yang telah tinggal di China selama 14 hari juga dilarang untuk masuk ke Tanah Air,” Jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020) kemarin.

Mengutip dari berbagai sumber, Retno menjelaskan semua pendatang yang tiba dari mainland China dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia.

Sebagai informasi pada saat konferensi pers tersebut, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Adapun kebijakan itu adalah pemerintah melalui dinas perhubungan secara resmi menutup penerbangan dari dan ke China mulai Rabu (5/2/2020).

(Kaje/Fhm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here