Beranda News Daftar 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Daftar 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

0
Daftar 10 Gedung tertinggi di dunia
Kolase- Gedung Burj Khalifa - Dubai, Uni Emirat Arab & Shanghai Tower - Shanghai, China / Wikipedia

Gedung pencakar langit atau skyscraper adalah sebuah bangunan yang sangat tinggi dengan beberapa lantai, biasanya lebih dari 40 lantai. Ada daftar 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia, gaya desain gedung pencakar langit memiliki desain arsitektur yang khas, di mana gedung tersebut dirancang untuk menara atau menjulang tinggi di atas ketinggian bangunan sekitarnya.

Sebelum melihat daftar 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia, berikut fungsi dari gedung pencakar langit.

Awalnya pencakar langit dibangun untuk memenuhi kebutuhan ruang perkantoran di kota-kota besar di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Pencakar langit memiliki beberapa keuntungan, di antaranya dapat memaksimalkan penggunaan lahan yang terbatas di kota-kota besar, memberikan pemandangan yang spektakuler dan menjadi landmark atau simbol bagi suatu kota atau negara.

Namun, pembangunan pencakar langit juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya yang tinggi, dampak lingkungan yang signifikan, dan risiko keamanan dalam hal kebakaran, gempa bumi, dan serangan teroris.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan material konstruksi, bangunan pencakar langit semakin tinggi dan kompleks. Beberapa contoh desain pencakar langit yang unik dan menarik termasuk Burj Khalifa di Dubai, Shanghai Tower di Shanghai, dan Taipei 101 di Taipei.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara seperti China dan Uni Emirat Arab terus membangun gedung-gedung pencakar langit baru dan semakin tinggi, menandakan bahwa tren pembangunan pencakar langit masih terus berkembang di masa depan.

Sejarah singkat gedung pencakar langit

Daftar 10 Gedung Tertinggi Di Dunia
Home Insurance Building di Chicago / skyscrapercenter.com

Sejarah pencakar langit dimulai pada akhir abad ke-19 di Amerika Serikat, khususnya di kota-kota besar seperti Chicago dan New York City. Pada saat itu, lahan yang tersedia di kota-kota tersebut semakin berkurang dan permintaan akan ruang perkantoran semakin meningkat.

Pada tahun 1885, Home Insurance Building di Chicago dibangun dengan menggunakan teknologi struktural baru yang dikenal sebagai rangka baja.

Bangunan tersebut memiliki sepuluh lantai, yang merupakan bangunan pertama yang menggunakan teknologi ini dan dianggap sebagai gedung pencakar langit pertama di dunia.

Setelah Home Insurance Building, bangunan-bangunan pencakar langit semakin populer di Amerika Serikat dan beberapa kota di Eropa seperti Paris dan London. Namun, gedung-gedung tersebut masih menggunakan teknologi beton dan baja yang sederhana, dan hanya memiliki sekitar 20-30 lantai.

Pada tahun 1931, Empire State Building di New York City dibangun dengan menggunakan teknologi baru yang disebut sistem rakitan baja. Bangunan tersebut memiliki 102 lantai dan menjadi gedung tertinggi di dunia selama beberapa dekade.

Sejak saat itu, gedung-gedung pencakar langit semakin tinggi dan kompleks, menggunakan teknologi dan material konstruksi yang lebih canggih.

Hingga saat ini, gedung tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa di Dubai yang memiliki ketinggian 828 meter dan 163 lantai. Pembangunan gedung pencakar langit terus berlanjut di seluruh dunia, dengan beberapa negara seperti China dan Uni Emirat Arab menjadi pusat pembangunan gedung pencakar langit terbesar dan tercepat di dunia.

Berikut adalah daftar 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia

daftar 10 gedung tertinggi di dunia
Burj Khalifa Dubai, Dubai / Wikipedia

Burj Khalifa 

Di urutan pertama daftar 10 gedung pencakar lanngit tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa (bahasa Arab برج خليفة  yang berarti ‘Menara Khalifa’), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki), sumber wikipedia.

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati.

Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

Baca berikutnya: 15 Fakta Menarik Tentang Burj Khalifa, Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia

Rekor lain


  • Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s.
  • Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center – 110 lantaiShanghai Tower, Shanghai, China – 632 meter

Berikut daftar lengkap 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia beserta negara tempatnya:

  1. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab – 828 meter
  2. Shanghai Tower, Shanghai, China – 632 meter
  3. Abraj Al Bait Clock Tower, Mekkah, Arab Saudi – 601 meter
  4. Ping An Finance Center, Shenzhen, China – 599 meter
  5. Lotte World Tower, Seoul, Korea Selatan – 555 meter
  6. One World Trade Center, New York City, Amerika Serikat – 541 meter
  7. Guangzhou CTF Finance Centre, Guangzhou, China – 530 meter
  8. Tianjin CTF Finance Centre, Tianjin, China – 530 meter
  9. CITIC Tower, Beijing, China – 528 meter
  10. TAIPEI 101, Taipei, Taiwan – 508 meter

Sementara itu, masih ada beberapa gedung megah lainnya yang sedang dalam tahap konstruksi, seperti Jeddah Tower di Arab Saudi dan The Tower di Dubai, yang diharapkan akan menjadi gedung tertinggi di dunia pada saat selesai dibangun.

Demikian daftar 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat ini. Baca berikutnya Kebanyakan Duit Pangeran Salman Bangun Gedung Pencakar Langit dari Cermin Rp14.985 Triliun

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini