Beranda News Daftar 10 Lukisan Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp6,4 Triliun

Daftar 10 Lukisan Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp6,4 Triliun

Di konversikan ke dalam rupiah, berdasarkan nilai tukar pada tanggal 31 Maret 2023.

0
Daftar 10 Lukisan Termahal di Dunia
The Card Players oleh Paul Cézanne -sekitar Rp3,6 triliun / artlex.com

Pada artikel ini akan mengulas daftar 10 lukisan termahal di dunia.  Daftar 10 lukisan termahal di dunia merupakan kumpulan dari beberapa karya seni paling terkenal dan dihargai di dunia, nilai lukisan ini sangatlah tinggi dan biasanya dijual melalui lelang atau penjualan pribadi antara kolektor seni dan pedagang seni.

Daftar 10 lukisan termahal di dunia  ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana nilai sebuah karya seni dapat terus meningkat seiring waktu, terutama untuk lukisan karya seniman terkenal dari masa lampau.

Salah satu dari daftar 10 lukisan termahal di dunia yaitu, Salvator Mundi, merupakan karya terkenal dari Leonardo da Vinci, menempati posisi pertama sebagai lukisan termahal di dunia dengan harga mencapai $450 juta pada lelang tahun 2017. Ini adalah lukisan yang paling mahal dalam sejarah lelang seni.

Karya seni termahal lainnya yang termasuk dalam daftar 10 lukisan termahal di dunia seperti karya-karya seniman terkenal seperti Paul Cezanne, Paul Gauguin, Jackson Pollock, Willem de Kooning, Mark Rothko, Pablo Picasso, Amedeo Modigliani, Gustav Klimt dan lain-lain. Karya-karya ini dikenal karena teknik yang brilian, nilai sejarahnya, dan keunikan gaya seni yang dimilikinya.

Namun, harga sebuah karya seni tidak selalu mencerminkan kualitas dan nilai estetika dari karya tersebut. Ada banyak karya seni yang sangat indah dan berharga yang tidak pernah dihargai dengan nilai yang sama dengan karya-karya seni ini. Harga lukisan juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti langkanya karya tersebut, sejarah dan latar belakang penjual dan pembeli, serta permintaan pasar.

Dalam banyak kasus, harga yang sangat tinggi dapat menimbulkan kritik dan kontroversi dalam komunitas seni. Namun, daftar ini dapat memberikan gambaran tentang betapa berharganya karya-karya seni dan seberapa tinggi apresiasi manusia terhadap seni dan keindahan.

Berikut adalah daftar 10 lukisan termahal di dunia yang dikonversikan ke dalam rupiah, berdasarkan nilai tukar pada tanggal 31 Maret 2023:

  1. “Salvator Mundi” oleh Leonardo da Vinci – sekitar Rp 6,4 triliun
  2. “Interchange” oleh Willem de Kooning – sekitar Rp 4,3 triliun
  3. “The Card Players” oleh Paul Cézanne – sekitar Rp 3,6 triliun
  4. “Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?)” oleh Paul Gauguin – sekitar Rp 3 triliun
  5. “Number 17A” oleh Jackson Pollock – sekitar Rp 2,9 triliun
  6. “Violet, Green and Red” oleh Mark Rothko – sekitar Rp 2,7 triliun
  7. “Les Femmes d’Alger (Version ‘O’)” oleh Pablo Picasso – sekitar Rp 2,6 triliun
  8. “Nu Couché” oleh Amedeo Modigliani – sekitar Rp 2,5 triliun
  9. “La Rêve (The Dream)” oleh Pablo Picasso – sekitar Rp 2,3 triliun
  10. “Portrait of Adele Bloch-Bauer II” oleh Gustav Klimt – sekitar Rp 2,2 triliun
Daftar 10 lukisan termahal di dunia
Lukisan “Salvator Mundi” oleh Leonardo da Vinci sekitar Rp 6,4 triliun / artlex.com

Perlu dicatat bahwa nilai tukar dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga nilai dalam rupiah di atas mungkin akan berubah di masa depan. Namun, daftar ini memberikan gambaran tentang seberapa besar nilai karya seni yang sangat terkenal di dunia. Harga-harga ini sangatlah mahal dan hanya dapat diakses oleh sebagian kecil dari masyarakat.

Demikian daftar 10 lukisan termahal yang berhasil kami rangkum melansir artlex.com.

Baca berikutnya:  Kok Bisa Lukisan Harganya Sangat Mahal? Simak Penjelasan Berikut

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini