Beranda Internasional Daftar 10 Penembakan Massal Paling Mematikan dalam Sejarah AS, Ada yang Mencapai...

Daftar 10 Penembakan Massal Paling Mematikan dalam Sejarah AS, Ada yang Mencapai 58 Tewas

0
Penembakan massal di AS
Seorang wanita dibawa dengan tandu di lokasi penembakan di sebuah restoran McDonald's di San Ysidro, California, 19 Juli 1984. Foto AP/Greg Vojtko

Penembakan massal di Amerika Serikat (AS) sering kali mengakibatkan jumlah korban tewas yang sangat tinggi. Beberapa penembakan massal terburuk dalam sejarah AS telah menewaskan puluhan bahkan ratusan orang, seperti penembakan di Las Vegas pada tahun 2017 yang menewaskan 58 orang dan melukai lebih dari 800 orang.

Penembakan massal di AS dapat terjadi di berbagai lokasi, termasuk sekolah, tempat kerja, pusat perbelanjaan, gereja, klub malam, dan tempat umum lainnya. Tidak ada lokasi yang aman dari potensi penembakan massal, dan berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia, dapat menjadi korban.

Daftar 10 Penembakan Massal di AS
Carlee Soto menggunakan telepon untuk mendapatkan informasi tentang saudara perempuannya, Victoria Soto, seorang guru di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Conn., setelah pria bersenjata Adam Lanza membunuh 26 orang di dalam sekolah, termasuk 20 anak. Victoria Soto, 27, termasuk di antara mereka yang tewas. Foto AP / Bukit Jessica

Melibatkan senjata api

Penembakan massal di AS seringkali melibatkan senjata api yang mudah diakses. Perdebatan tentang undang-undang senjata api dan kendali senjata api menjadi isu penting dalam konteks penembakan massal di AS. Beberapa penembakan massal terburuk dalam sejarah AS melibatkan senjata api semi-otomatis yang memiliki kapasitas peluru yang tinggi.

Penembakan massal memiliki dampak psikologis yang signifikan bagi para korban, keluarga korban, serta komunitas yang terkena dampaknya. Trauma psikologis, kehilangan, dan paska-trauma adalah efek yang seringkali dialami oleh mereka yang selamat dari penembakan massal atau yang kehilangan orang yang dicintai dalam penembakan massal.

Penembakan massal di AS telah meningkatkan kesadaran akan pentingnya tindakan pencegahan, termasuk langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan di tempat-tempat umum, meningkatkan pemantauan terhadap potensi pelaku penembakan, serta mengkaji ulang undang-undang dan kebijakan terkait senjata api.

Penembakan massal di AS seringkali memicu perdebatan sosial dan politik yang kompleks tentang berbagai isu, termasuk hak atas senjata api, kesehatan mental, pemantauan terhadap potensi pelaku penembakan, dan kebijakan pencegahan penembakan massal. Pendekatan dan solusi untuk menghadapi penembakan massal di AS menjadi topik yang diperdebatkan secara luas di masyarakat dan di tingkat kebijakan.

Teruslah membaca, di bawah ini adalah catatan daftar 10 penembakan massal paling mematikan dalam sejarah AS melansir insider.

Berikut adalah daftar 10 penembakan massal paling mematikan dalam sejarah AS, berdasarkan jumlah korban tewas:

1. Penembakan di Las Vegas (1 Oktober 2017)

Seorang pria menembaki kerumunan orang yang hadir dalam konser musik di Las Vegas, Nevada, menewaskan 58 orang dan melukai lebih dari 800 orang.

Kerusuhan itu berlangsung lebih dari 15 menit ketika penonton konser yang panik mencoba berlindung, tidak menyadari dari mana asal tembakan itu. Pada akhirnya, 58 orang tewas , dan lebih dari 850 luka-luka .

Unit SWAT polisi masuk ke kamar pria bersenjata itu dan menemukannya tewas karena bunuh diri.

2. Penembakan di Pusat Budaya LGBT Pulse (12 Juni 2016)

Sebelum Las Vegas, penembakan massal paling mematikan dalam sejarah AS adalah penembakan tahun 2016 di Pulse , sebuah klub malam gay di Orlando.

Pria bersenjata itu membunuh 49 orang dan melukai sedikitnya 50 orang sebelum polisi Orlando membunuhnya. Karena klub mengadakan “Malam Latin”, banyak korbannya adalah orang Latin.

Selama penembakan, pria bersenjata itu menelepon polisi Orlando dan bersumpah setia kepada ISIS, meskipun pihak berwenang tidak menemukan bukti komunikasi antara kelompok teroris dan penyerang.

Tetap saja, penembakan itu mendapat kecaman cepat dari Muslim Amerika. Itu tetap menjadi aksi teror paling mematikan di AS sejak 11 September.

3. Penembakan di Universitas Teknik Virginia (16 April 2007)

Pembantaian tahun 2007 di kampus Universitas Virginia Tech tetap menjadi penembakan sekolah paling mematikan dalam sejarah AS.

Pria bersenjata itu, seorang senior di sekolah itu, membunuh 32 siswa dan instruktur dalam dua serangan terpisah sekitar dua jam sebelum bunuh diri. Tujuh belas siswa terluka.

4. Penembakan di Sekolah Menengah Sandy Hook (14 Desember 2012)

Seorang pria menembaki anak-anak dan staf di Sekolah Menengah Sandy Hook di Newtown, Connecticut, menewaskan 26 orang, termasuk 20 anak-anak yang berusia enam dan tujuh tahun.

5. Penembakan di Gereja Metodis Emanuel Afrika (17 Juni 2015)

Seorang pria bersenjata menyerbu gereja Afrika-Amerika di Charleston, Carolina Selatan, menewaskan 9 orang yang sedang beribadah.

6. Penembakan di Texas First Baptist Church (5 November 2017)

Seorang pria menembaki jemaat di gereja Baptis di Sutherland Springs, Texas, menewaskan 26 orang.

7. Penembakan di Gereja Baptist Sutherland Springs (5 November 2017)

Seorang pria menembaki jemaat di gereja Baptis di Sutherland Springs, Texas, menewaskan 26 orang.

8. Penembakan di Kantor Redaksi Capital Gazette (28 Juni 2018)

Seorang pria menembaki staf di kantor surat kabar Capital Gazette di Annapolis, Maryland, menewaskan 5 orang.

9. Penembakan di Sekolah Tinggi Marjory Stoneman Douglas (14 Februari 2018)

Seorang mantan siswa menembaki murid dan staf di Sekolah Tinggi Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, menewaskan 17 orang.

10. Penembakan di McDonald’s San Ysidro (18 Juli 1984)

Seorang pria bersenjata menembaki pelanggan dan staf di sebuah restoran McDonald’s di San Ysidro, California, menewaskan 21 orang sebelum ditembak mati oleh polisi.

Catatan: Daftar ini hanya mencakup 10 dari 30 penembakan massal paling mematikan dalam sejarah AS berdasarkan jumlah korban tewas dan bukan merupakan urutan berdasarkan tingkat keparahan.

Terdapat penembakan massal lainnya yang tragis di AS selama sejarah yang tidak dimasukkan dalam daftar ini.

BACA BERIKUTNYA : Lima Orang Tewas dalam Penembakan Brutal di Bank Kentucky AS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini