Beranda News Daftar 5 Kesenian Tradisional dari Jawa Barat

Daftar 5 Kesenian Tradisional dari Jawa Barat

0
Daftar kesenian Tradisional JAWA BARAT

Pada artikel ini akan disebutkan daftar kesenian tradisional khas dari Jawa Barat, sebelumnya diketahui Indonesia memiliki banyak sekali kesenian tradisional yang sangat kaya dan beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki kesenian tradisional yang unik dan berbeda-beda.

Oleh sebab itu, kita wajib menjaga dan melestarikan kesenian tradisional agar warisan budaya tersebut dapat diteruskan ke generasi selanjutnya dan menjadi sumber kebanggaan serta identitas masyarakat.

Salah satu daerah yang kaya dengan warisan kesenian traditional adalah Jawa Barat, provinsi dengan Ibu Kota Bandung ini terkenal dengan berbagai macam kesenian tradisional yang sangat kaya dan bervariasi.

Berikut adalah daftar 5 kesenian khas dari Jawa Barat, diantaranya:

  1. Wayang Golek
Daftar kesenian tradisional jawa barat
Wayang Golek

Salah satu daftar kesenian dari Jawa Barat adalah wayang golek, merupakan seni pertunjukan boneka kayu yang berasal dari Sunda. Wayang golek dibuat dari kayu jati atau akasia dan digunakan untuk menceritakan kisah-kisah legenda atau mitos Jawa Barat. Pertunjukan wayang golek sering disertai dengan musik gamelan dan diiringi dengan nyanyian. Seni wayang golek ini sering dimainkan di acara pernikahan, khitanan, dan hari-hari raya di Jawa Barat.

2. Jaipongan

Daftar kesenian tradisional jawa barat
Daftar kesenian tradisional jawa barat

Jaipongan adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini menggunakan gerakan tubuh yang enerjik dan lincah, serta irama musik yang khas. Jaipongan awalnya dikembangkan oleh seniman bernama Gugum Gumbira pada tahun 1960-an. Tarian jaipongan biasanya dipentaskan pada acara pernikahan, khitanan, dan acara-acara budaya lainnya.

3. Tarling

Daftar kesenian tradisional jawa barat
Daftar kesenian tradisional jawa barat

Tarling adalah jenis musik daerah yang berasal dari Jawa Barat, khususnya dari daerah Cirebon. Musik tarling ini biasanya dimainkan dengan menggunakan alat musik tradisional seperti kecapi, suling, dan kendang. Lirik dari lagu-lagu tarling biasanya berisi tentang kisah-kisah cinta, kehidupan sosial, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat.

4. Angklung

Daftar kesenian tradisional jawa barat
Daftar kesenian tradisional jawa barat

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan, dan menghasilkan bunyi yang khas. Angklung sering dimainkan pada acara-acara budaya seperti pernikahan, khitanan, dan hari-hari raya.

5. Tari Topeng

kesenian traditional dari jawa barat
Daftar kesenian tradisional jawa barat

Tari topeng adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang yang mengenakan topeng tradisional. Tari topeng ini biasanya menggambarkan cerita atau mitos dari masyarakat Jawa Barat. Tarian topeng sering dipentaskan pada acara-acara budaya seperti pernikahan, khitanan, dan hari-hari raya.

Demikian daftar 5 kesenian dari Jawa Barat, mari kita meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan kesenian tradisional sebagai warisan budaya yang berharga dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini