Beranda Rubrik Daftar Lengkap Negara Senjata Nuklir & Kemampuannya

Daftar Lengkap Negara Senjata Nuklir & Kemampuannya

0
Daftar Negara Senjata Nuklir
Ilustrasi senjata nuklir / pexels

Senjata nuklir tetap menjadi salah satu kekuatan paling kuat dan destruktif di dunia saat ini. Hingga tahun 2021, terdapat daftar sembilan negara yang memiliki senjata nuklir, masing-masing dengan kemampuan dan tingkat kemajuan yang berbeda-beda.

Meskipun beberapa negara secara terbuka mengakui memiliki senjata nuklir, ada juga negara yang dispekulasikan memiliki senjata nuklir namun tidak secara resmi mengakui kepemilikannya.

Senjata nuklir telah menjadi bagian utama dari politik internasional sejak akhir Perang Dunia II. Pada tahun 2021, ada sembilan negara yang memiliki senjata nuklir dan kemampuannya sangat bervariasi.

Dalam artikel ini, melansir icanw.org, kita akan melihat daftar lengkap negara pemilik senjata nuklir dan kemampuannya pada tahun 2021.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara yang memiliki jumlah senjata nuklir terbesar di dunia. Menurut laporan Federasi Ilmuwan Amerika, Amerika Serikat memiliki sekitar 5.800 senjata nuklir pada tahun 2021.

2. Rusia

Rusia memiliki jumlah senjata nuklir terbesar kedua di dunia. Menurut laporan Federasi Ilmuwan Amerika, Rusia memiliki sekitar 6.255 senjata nuklir pada tahun 2021.

3. China

China adalah negara dengan jumlah senjata nuklir terbesar ketiga di dunia. Meskipun jumlah pastinya tidak diketahui, perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa China memiliki sekitar 350 senjata nuklir.

4. Prancis

Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki senjata nuklir. Jumlah pasti senjata nuklir yang dimiliki oleh Prancis tidak diketahui, namun perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa Prancis memiliki sekitar 290 senjata nuklir.

5. Inggris

Inggris juga merupakan negara Eropa yang memiliki senjata nuklir. Jumlah pasti senjata nuklir yang dimiliki oleh Inggris tidak diketahui, namun perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa Inggris memiliki sekitar 195 senjata nuklir.

6. India

India adalah negara di Asia Selatan yang memiliki senjata nuklir. Perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa India memiliki sekitar 156 senjata nuklir.

7. Pakistan

Pakistan juga merupakan negara di Asia Selatan yang memiliki senjata nuklir. Perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa Pakistan memiliki sekitar 165 senjata nuklir.

8. Israel

Israel adalah negara Timur Tengah yang secara resmi tidak mengakui kepemilikan senjata nuklir, namun dispekulasikan memiliki senjata nuklir. Jumlah pasti senjata nuklir yang dimiliki oleh Israel tidak diketahui.

9. Korea Utara

Korea Utara adalah negara yang secara terbuka mengklaim memiliki senjata nuklir. Perkiraan dari Federasi Ilmuwan Amerika mengindikasikan bahwa Korea Utara memiliki sekitar 35 senjata nuklir.

Itulah beberapa negara yang diketahui memiliki senjata nuklir. Meskipun senjata nuklir dianggap sebagai ancaman keamanan global, banyak upaya internasional yang dilakukan untuk membatasi pengguna.

Harap dicatat bahwa jumlah ini adalah perkiraan dan dapat berubah seiring waktu, dan beberapa negara lain juga telah mencoba atau sedang mengembangkan senjata nuklir.

Baca juga artikel menarik lainnya di Google News klik di sini >>

(kaje/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini