Beranda News Danau Kakaban Kalimantan Timur, Nikmati Pesona Memukaunya

Danau Kakaban Kalimantan Timur, Nikmati Pesona Memukaunya

0
Danau Kakaban Kalimantan Timur
youtube.com

Danau Kakaban Kalimantan Timur merupakan sebuah danau yang terletak di Pulau Kakaban yang memiliki daya tarik sangat indah. Kalimantan Timur memang memiliki banyak wisata alam yang tersebar di berbagai daerah. Setiap wisata juga menawarkan panorama yang indah dan juga sangat memukau.

Salah satu wisatanya yang memukau yaitu Pulau Kakaban yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang sangat unik sebab memiliki danau di tengahnya. Danau inilah yang selanjutnya kita sebut sebagai Danau Kakaban yang sangat menarik untuk kita eksplor.

Pulau Kakaban sendiri memiliki bentuk yang sangat unik yaitu menyerupai angka sembilan jika kita lihat dari atas. Nama Kakaban memiliki arti memeluk, sehingga masyarakat menyebutnya menjadi Sebuah Pulau yang Memeluk Danau. Apalagi posisi danau memang berada tepat di tengahnya.

Daya Tarik Danau Kakaban Kalimantan Timur

Pulau dan Danau Kakaban menjadi tempat wisata yang masih sangat terjaga keasriannya. Letaknya yang berada jauh dari perkotaan membuat tetap aman dan juga masih sangat murni. Karena itu tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara sekalipun.

Danau Kakaban sudah terbentuk pada zaman prasejarah, tepatnya yaitu pada masa peralihan Holosin. Danau ini memiliki luas 5 km persegi dengan dinding karang setinggi 50 meter. Konon hal tersebutlah yang membuat danau ini terbentuk sebab air laut yang terperangkap tidak bisa kembali ke laut.

Danau ini memiliki air payau yang merupakan campuran antara air laut dan air tawar. Airnya juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa membuat mata perih. Karena itu bagi Anda yang ingin berenang di Danau Kakaban Kalimantan Timur ini maka sebaiknya menggunakan kacamata renang.

Danau Kakaban menawarkan pemandangan yang sangat menyegarkan mata. Hamparan danau yang berwarna biru yang berpadu dengan panorama hutan hijau yang rimbun benar-benar memanjakan mata. Apalagi jika ditambah dengan pemandangan langit biru yang cerah.

Berenang Bersama Ubur-ubur

Bagian bawah danau juga memberikan pemandangan yang tak kalah memukau. Sebab danau ini menjadi rumah bagi ribuan ubur-ubur cantik yang tidak menyengat. Bahkan disana juga terdapat ubur-ubur yang hanya ada dua di dunia, yaitu di Pulau Kakaban dan Kepulauan Mikronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik.

Selain itu ada beberapa jenis ubur-ubur lain yang hidup di dalam Danau Kakaban Kalimantan Timur ini. Diantaranya yaitu terdapat ubur-ubur terbalik yang berukuran 15-20 cm. Kemudian ubur-ubur bulan yang berukuran 5-50 cm, ubur-ubur kotak berukuran 7-10 mm dan ubur-ubur totol yang berukuran 1-20 cm.

Ubur-ubur tersebut juga memiliki berbagai warna yang menarik dan beragam. Terdapat warna merah, jingga, putih, ungu muda hingga kemerahan yang terlihat sangat cantik. Mereka juga tidak menyengat sehingga Anda tidak perlu khawatir tersengat saat berenang bersama.

Saat hendak berenang bersama ubur-ubur cantik ini Anda juga harus mengikuti peraturan yang ada. Diantaranya yaitu tidak boleh menggunakan kaki katak atau fin sebab ubur-ubur sangat rentan dengan sentuhan. Jika para pengunjung menggunakannya maka ubur-ubur bisa merasa stres dan populasinya bisa menurun.

Kemudian pengunjung juga tidak boleh menggunakan kosmetik seperti sunblock atau sunscreen saat akan berenang. Sebab kandungan sunscreen tersebut tentunya bisa mencemari air Danau Kakaban Kalimantan Timur ini. Hal tersebut bisa mengganggu kehidupan ubur-ubur di dalamnya.

Menyusuri Hutan di Sekitar Danau

Di sekitar Danau Kakaban juga memiliki hutan yang sangat asri dan juga rimbun. Di dalamnya terdapat aneka tanaman yang mungkin belum pernah Anda jumpai sebelumnya. Beberapa tanaman di dalamnya seperti pohon Bakung, Asin-asin, Ubal, Bullung-bullung, Ipil, Ligayan dan lain sebagainya.

Beberapa jenis tumbuhan bahkan sudah ada yang termasuk dalam kategori langka. Pengelola juga telah memberikan nama serta penjelasan dari suatu vegetasi pohon sehingga bisa menambah edukasi. Anda bisa menikmati keindahan serta hijaunya pemandangan hutan yang sangat asri.

Fasilitas dan Harga Tiket

Untuk mencapai lokasi Danau Kakaban Kalimantan Timur, pengunjung tidak perlu kebingungan bagaimana jalurnya. Sebab pihak pengelola sudah menyiapkan jalur trekking untuk mencapai danau dengan mudah. Selama perjalanan Anda bisa menyaksikan pemandangan hutan yang asri.

Di beberapa titik danau juga tersedia beberapa kanopi untuk kenyamanan para pengunjung. Pengunjung bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak ketika lelah menyusuri kawasan danau. Selain kanopi tentunya masih banyak lagi fasilitas yang tersedia.

Misalnya yaitu terdapat toilet, ruang ganti serta berbagai sarana dan prasarana lengkap untuk pengunjung. Di pintu utama juga terdapat loket serta petugas yang selalu siap membantu Anda. Harga tiketnya juga sangat murah yaitu hanya Rp10.000 saja untuk setiap orang.

Danau Kakaban Kalimantan Timur ini tentunya sangat cocok untuk Anda jadikan tempat berlibur bersama keluarga. Yuk, agendakan liburan Anda sekarang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini