Beranda News Pesona Danau Labuan Cermin, Danau dengan Dua Rasa Kaltim

Pesona Danau Labuan Cermin, Danau dengan Dua Rasa Kaltim

0
Danau Labuan Cermin
Youtube.com

Negara Indonesia sudah tidak perlu Anda ragukan lagi memiliki banyak pesona. Tidak hanya dalam adat dan budayanya, tetapi tempat wisata yang menambah kekayaan negara ini. Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau yang terlintas di garis khatulistiwa memiliki daya Tarik luar biasa. Pulau yang menjadi kekayaan alamnya cukup besar menjadi salah satu hal wajib untuk dinikmati keindahannya. Sama halnya seperti tempat yang cukup unik bernama Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin
Youtube.com

Pesona Danau Labuan Cermin, Danau dengan Dua Rasa Kaltim

Bukan pegunungan, bukan pada pantai, tempat ini adalah danau dengan keindahan yang bisa membuat siapa saja yang mengunjunginya berdecak kagum. Danau menarik ini terletak berada di Desa Labuan Kelambu, Biduk-biduk, Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk sampai ke tempat ini bisa Anda lalui dengan perjalanan darat kurang lebih 6 hingga 7 jam berangkat dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Meskipun perjalanan cukup jauh, rasa lelah akibat perjalanan akan segera terobati begitu menyaksikan panorama alam yang ada di danau ini.

Wisata alam ini dikelola oleh masyarakat setempat bersama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin. Danau ini memiliki keunikan yang mana rasa air pada danau ini terdapat dua rasa, yaitu tawar dan asin. Pada permukaan danau akan terdapat rasa tawar dan rasa asin pada bagian dasar danau. Fenomena tersebut bernama Meromictic Lake.

Asal-usul Nama

Danau di Kaltim ini diberikan nama karena berlokasi di Desa Labuan Kelambu. Hal inilah yang membuat masyarakat setempat memberikan nama danau berdasarkan dengan inisiatif nama desa. Sementara itu nama cermin ini karena danau ini memiliki air yang jernih bak memantulkan bayangan cermin saat sedang berkaca.

Terlebih lagi saat cuaca sedang cerah dengan matahari bersinar terang, seluruh bagian danau akan terlihat sangat jelas. Pantulan dari cahaya matahari membuat Danau Labuan Cermin terlihat seperti cermin. Dengan beningnya air di danau ini, hewan air, biota laut, atau hewan lainnya bisa Anda amati dengan baik.

Berbagai kehidupan, seperti terumbu karang, lumut, ubur-ubur, ikan-ikan kecil, dan masih banyak lagi di danau ini menjadi nilai tambah kecantikan yang menarik minat banyak wisatawan untuk datang berkunjung.

Rute dan Harga Tiket Danau Labuan Cermin

Wisatawan dari luar wilayah Kalimantan Timur harus membeli tiket pesawat terlebih dahulu menuju Tanjung Redeb. Tanjung Redeb ini merupakan bandara yang tidak terletak jauh dari lokasi Danau Labuan Cermin. Setelah sampai di Tanjung Redeb, wisatawan bisa menempuh perjalanan menuju Desa Biduk-Biduk dengan waktu tempuh 6 hingga 8 jam

Setelah itu lanjut perjalanan memakai kapal menuju Desa Labuan Kelambu. Semakin menariknya lagi, tempat wisata ini tidak menarik biaya untuk tiket masuknya. Karena wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan kegiatan di wisata danau ini. Hanya saja para wisatawan perlu mempersiapkan dana untuk transportasi atau penyewaan alat-alat snorkeling, diving, atau kegiatan lainnya.

Warna Air Danau

Pesona lain yang terdapat di danau ini adalah warna danau yang berwarna hijau kebiruan. Sehingga siapa saja yang memandu danau ini akan terasa damai. Saat sinar matahari memantulkan sinarnya akan terlihat butiran air seperti kristal.

Hal inilah yang membuat air danau dari jauh tampak cantik berkilauan. Dengan demikian juga beberapa orang menyebut danau tersebut dengan danau kristal.

Kedalaman Air Danau

Meskipun terlihat cukup dekat, wisatawan perlu berhati-hati karena danau ini ternyata cukup dalam, sekitar 4 hingga 5 meter. Jadi, untuk Anda para wisatawan yang tidak bisa berenang sebaiknya berhati-hati.

Pastikan untuk menggunakan alat keamanan standar yang sudah ditentukan. Namun, dengan hal ini bukan berarti tempat ini tidak bisa Anda gunakan sebagai tempat berenang. Karena para wisatawan bisa berenang di danau tersebut.

Pesona Danau Labuan Cermin

Saat berkunjung ke danau ini para wisatawan akan melihat pohon tropis tumbuh dengan rimbun yang berada di sekeliling danau. Pulau Kalimantan memang populer dengan persebaran hutan tropis termasuk di wilayah sekitar danau lainnya.

Para wisatawan dapat memanfaatkan kegiatan perjalanan di hutan ini untuk melihat berbagai jenis flora dan fauna khas Pulau Kalimantan. Perpaduan hutan tropis dengan danau yang jernih, cocok untuk wisatawan yang menyukai kegiatan photografi.

Aktivitas Menarik di Danau Labuan Cermin

Terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa wisatawan lakukan. Melakukan kegiatan untuk menikmati aneka ikan-ikan cantik yang hilir mudik bawah perahu yang wisatawan tumpangi. Untuk lebih menikmati biota laut bisa melakukan kegiatan diving atau snorkeling.

Selain itu juga bisa menyewa ban untuk berenang di pinggiran danau atau juga bisa duduk santai di atas ban tersebut. Jika ingin bersantai tanpa menyentuh air bisa dengan menyewa perahu dan berkeliling danau. Kegiatan di Danau Labuan Cermin akan lebih menyenangkan lagi dengan menikmati danau dan pepohonan sekitarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini