Beranda Nasional Gubernur Wayan Koster Surati Menpora Tolak Timnas Israel Tanding di Bali, Apa...

Gubernur Wayan Koster Surati Menpora Tolak Timnas Israel Tanding di Bali, Apa Isi Surat Tersebut?

0
Gubernur Bali Surati Menpora

Gubernur Bali, Wayan Koster melayangkan surat ke Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali berisi penolakan terhadap tim junior Israel untuk bertanding di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di tanah Bali.

Surat Gubernur Bali tersebut bertanda tangan pada 14 Maret 2023 dengan nomor surat T.00.426/11470/SEKRET. Surat tersebut perihal permohonan Gubernur Bali kepada Menteri agar melarang tim Israel bertanding di Bali.

“Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali,” tulis surat tersebut dikutip Selasa (21/3/2023).

Adapun dalam surat dijelaskan bilamana I Wayan Koster menolak Timnas Israel dikarenakan untuk menghormati hubungan diplomatik antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah negara lain di dunia.

“Hal ini dilakukan untuk menghormati hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah negara lain di dunia, khususnya yang berkaitan dengan Israel,” jelas keterangan gubernur.

Pihaknya juga mengatakan bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintahan Republik Indonesia. Adapun saat ini masih menjadi masalah serius politik regional.

“Kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintahan Republik Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional, serta tidak adanya hubungan diplomatik antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Israel,” bunyi keterangan surat tersebut.

Seperti diketahui, melansir kompas.com, penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-20 2023 direncanakan akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Adapun sekitar 24 negara akan bertanding dalam laga tersebut.

Indonesia pun ditetapkan sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-20 2023 ini dan pemerintah menetapkan enam provinsi untuk tempat pelaksanaaan. Diantaranya adalah DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Seperti dilansir metro, Kemenpora, PSSI dan pemerintah pusat sendiri belum memberikan tanggapan atas permintaan Gubernur Bali tersebut.

Dalam kesempatan lain, PDI Perjuangan selaku partai tempat Koster bernaung, juga mendukung agar Timnas Israel U-20 ditolak di Indonesia.

Ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Hamka Haq di Jakarta hari ini. Hamka mengatakan penolakan terhadap Israel konsisten dengan sikap Soekarno, presiden pertama Indonesia.

(kaje/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini