Beranda Internasional Hamas Melaporkan 25.000 Korban Tewas di Gaza Semenjak Israel Melancarkan Serangan

Hamas Melaporkan 25.000 Korban Tewas di Gaza Semenjak Israel Melancarkan Serangan

0
Hamas Laporkan Korban di Gaza
Gumpalan asap tebal mengepul di atas Khan Younis di Jalur Gaza pada 21 Januari 2024. (Foto: AFP)

Kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas pada Minggu, 21 Januari 2024 mengatakan bahwa jumlah korban tewas di wilayah Palestina yang dilanda perang mencapai 25.000 orang semenjak Israel melancarkan serangan ke selatan dan kembali melakukan pemboman di utara.

Baca juga: Sejarah Singkat Konflik Israel-Palestina yang Dikecam Dunia Internasional

Israel mengklaim serangannya terhadap Hamas di wilayah Gaza Selatan merupakan upaya menghancurkan kelompok militan Islam yang bertanggung jawab atas serangan paling mematikan dalam sejarah negara itu.

Pada awal Januari, militer Israel mengatakan bahwa struktur komando Hamas di Gaza utara telah dibongkar, sehingga hanya menyisakan pejuang yang terisolasi.

Namun para saksi mengatakan kepada AFP bahwa serangan udara Israel membombardir Kota Gaza dan daerah lain di utara pada Minggu pagi. Hamas juga melaporkan pertempuran sengit di utara.

Hamas laporkan korban di Gaza

“Puluhan orang masih berada di bawah reruntuhan,” kata kantor media pemerintah Hamas, seraya menambahkan bahwa korban tewas dan terluka tidak dapat dipindahkan ke rumah sakit karena penembakan artileri yang terus berlanjut terhadap Khan Younis dan daerah Tal al-Hawa di Gaza. Kota dan utara.

Sementara itu tentara Israel mengatakan pihaknya
pada awal Januari telah menghancurkan sejumlah teroris di kota utama Khan Younis di selatan dan menewaskan 15 militan di Gaza Utara selama sehari terakhir.

Serangan Hamas ke Israel

Sebelumnya serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 mengakibatkan tewasnya sekitar 1.140 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Imbas dari serangan Hamas pengeboman dan serangan darat Israel yang tiada henti telah menewaskan sedikitnya 25.105 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

red/kaje (cna)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini