Beranda News Ikuti Cara Ini Agar Membuat Ketupat Hasilnya Empuk

Ikuti Cara Ini Agar Membuat Ketupat Hasilnya Empuk

0
Cara Membuat Ketupat Hasilnya Empuk
Ketupat / Pexels

Ketupat adalah hidangan yang sangat populer dan menjadi bagian penting dalam perayaan Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia. Ketupat adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang telah dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda atau janur.

Ketupat biasanya dimasak dengan cara direbus dalam air mendidih selama beberapa jam hingga matang dan empuk. Ketupat biasanya disajikan bersama dengan opor ayam, sate, atau rendang, dan menjadi hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia saat perayaan Lebaran.

Selain di Indonesia, ketupat juga menjadi hidangan populer di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Di negara-negara tersebut, ketupat biasanya disajikan bersama dengan hidangan seperti sayur lodeh, rendang, dan gulai kambing.

Ketupat juga memiliki nilai simbolis yang penting dalam budaya Indonesia. Ketupat melambangkan persatuan dan kebersamaan, karena ketupat dibuat dari bahan-bahan yang sederhana dan murah dan dapat disantap bersama-sama dalam jumlah yang banyak.

Ketupat juga sering dijadikan sebagai hadiah atau bingkisan selama perayaan Lebaran, sebagai tanda persahabatan dan saling menghormati di antara keluarga dan teman-teman.

Berikut adalah cara membuat ketupat agar hasilnya empuk:

Bahan yang dibutuhkan:

  • Beras yang berkualitas baik
  • Anyaman daun kelapa atau janur

Alat yang dibutuhkan:

  • Wadah untuk merendam beras
  • Nampan atau wadah untuk mengepakan ketupat
  • Panci atau wadah untuk merebus ketupat
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

1. Rendam beras dalam air selama minimal 4 jam sebelum digunakan. Ini akan membuat butiran beras menjadi lembut dan mudah diolah.

2. Cuci bersih anyaman daun kelapa atau janur. Potong anyaman menjadi ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada ukuran ketupat yang ingin dibuat.

3. Ambil satu potongan anyaman dan lipat bagian bawahnya ke atas hingga membentuk segitiga. Kembali lipat sebanyak dua kali hingga membentuk segitiga yang lebih kecil.

4. Isi anyaman dengan beras yang sudah direndam, jangan terlalu penuh dan biarkan sedikit ruang kosong di bagian atas untuk mengikat ketupat.

5. Lipat anyaman secara rapi dan ikat bagian atas dengan seutas tali rapat.

6. Letakkan ketupat yang sudah jadi di atas nampan atau wadah yang datar dan rata.

7. Rebus air dalam panci atau wadah yang cukup besar. Pastikan air dalam keadaan mendidih.

8. Masukkan ketupat ke dalam panci atau wadah yang berisi air. Pastikan air cukup banyak untuk menutupi ketupat secara keseluruhan.

9. Masak ketupat dalam air mendidih selama 1-2 jam hingga matang dan empuk. Jangan biarkan air dalam panci atau wadah mengering karena ini dapat menyebabkan ketupat tidak matang dengan sempurna.

10. Angkat ketupat dan tiriskan airnya. Biarkan ketupat dingin sejenak sebelum membuka anyaman dan memotong ketupat menjadi potongan-potongan kecil yang siap disajikan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat ketupat yang empuk dan lezat untuk disajikan sebagai hidangan dalam berbagai acara dan festival.

Baca juga: Lengkap ! Resep, Cara & Tips Memasak Opor Ayam Agar Lezat Gurih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini