Beranda Internasional India, 22 Tewas Akibat Kapal Wisata Tenggelam

India, 22 Tewas Akibat Kapal Wisata Tenggelam

0
kapal tenggelam di India
Proses evakuasi korban / skynews

Sebuah kapal terbalik dan tenggelam di India selatan, menewaskan sedikitnya 22 orang termasuk anak-anak, kata pihak berwenang.

Kapal dua tingkat yang membawa lebih dari 30 penumpang itu terbalik di pantai dekat kota pesisir Tanur di distrik Malappuram di negara bagian Kerala.

Polisi menduga akibat muatan yang berlebihan sebelum kapan terbalik dan tenggelam sekitar pukul 19:00 waktu setempat pada hari Minggu.

Pihak kepolisian setempat telah menetapkan pemilik kapal, Nazar Pattarakath dari Tanur, sebagai tersangka menurut media setempat.

Sekitar 10 penumpang dibawa ke rumah sakit untuk perawatan, dengan empat di antaranya dalam kondisi kritis.

Para pejabat mengatakan beberapa orang mungkin masih hilang dan terus dilakukan pencarian oleh tim SAR. Sebagian besar penumpang adalah wisatawan.

Melansir skynews, korban tewas termasuk anak-anak yang datang untuk naik perahu selama liburan sekolah mereka, kata menteri olahraga Kerala V Abdurahiman.

“Perahu itu terjebak di perairan berlumpur dan upaya sedang dilakukan untuk menariknya keluar. Perahu sedang diangkut ke darat dan lebih banyak jenazah diperkirakan akan ditemukan dari dalam,” katanya kepada kantor berita Press Trust of India.

Sebuah tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional berada di lokasi, kata juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Negara Bagian Kerala. Penjaga Pantai India juga terlibat dalam misi penyelamatan.

Pemerintah India, Senin telah dinyatakan sebagai hari berkabung resmi, menurut laporan media setempat.

Perdana Menteri Narendra Modi mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas peristiwa tersebut.

“Sedih atas hilangnya nyawa akibat kecelakaan kapal di Malappuram, Kerala.” tulis Narendra.

Dia juga mengumumkan akan memberikan santunan untuk keluarga korban.

Kecelakaan berperahu sering terjadi di India, di mana banyak kapal penuh sesak dan tidak memiliki peralatan keselamatan yang memadai.

Pada September 2020, 12 orang tenggelam saat sebuah perahu wisata terbalik di Sungai Godavari yang meluap di negara bagian selatan Andhra Pradesh.

Pada Mei 2018, 30 orang tewas saat sebuah kapal terbalik di wilayah yang sama.

Baca juga: 907 Tewas Akibat Tersambar Petir di India

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini