Beranda News Ini 3 Fakta Dunia Paling Menarik yang Mungkin Belum Anda Dengar

Ini 3 Fakta Dunia Paling Menarik yang Mungkin Belum Anda Dengar

0

Paragrafnews.com: Dengan sekitar 200 negara dan lebih dari 7,8 miliar orang (ditambah tumbuhan, hewan, dan organisme lain), dunia ini penuh dengan fakta menarik, menyenangkan, dan menakjubkan. Di negeri Kiwi, misalnya, Anda akan menemukan konsentrasi pemilik hewan peliharaan tertinggi di planet ini. Dan di Nikaragua, Anda akan menemukan satu dari dua bendera di dunia yang menampilkan warna ungu.

Melansir bestlife, berikut 3 fakta menarik di dunia yang berhasil kami rangkum secara acak.

1. Lagu (suara – red) Paus dapat digunakan untuk memetakan dasar laut.

Paus sirip pada dasarnya adalah Barry White di lautan. Lagu – lagu yang dalam dan merdu yang digunakan jantan untuk menarik pasangan dianggap sebagai yang paling keras dari semua kehidupan laut dan dapat “didengar hingga 1.000 kilometer (600 mil) jauhnya,” menurut Scientific American.

Mereka juga dapat digunakan untuk memetakan dasar laut secara sonik berkat fakta bahwa suara tersebut dapat mencapai kedalaman 2,5 kilometer (1,6 mil) di bawah air, yang memantul kembali dan memberikan pengukuran yang akurat kepada para peneliti. Di luar itu, studi tahun 2021 di Sains menunjukkan bagaimana menggunakan nyanyian paus sirip bisa jauh lebih bermanfaat dan memiliki dampak negatif yang lebih sedikit pada kehidupan laut daripada menggunakan senapan angin besar, yang merupakan alat khas yang diandalkan oleh para peneliti.

2. Makhluk baru telah ditemukan di gunung berapi laut dalam.

Menemukan organisme yang sebelumnya belum ditemukan di kedalaman laut mungkin terdengar seperti sesuatu yang langsung dari film horor sci-fi, tetapi sebuah studi tahun 2020 tentang gunung berapi laut dalam di dekat Selandia Baru, diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United Amerika Serikat , menemukan “lebih dari 90 keluarga genomik bakteri dan archaeal diduga dan hampir 300 genera yang sebelumnya tidak diketahui.” Beberapa penelitian telah menghubungkan lubang hidrotermal, seperti gunung berapi laut dalam, dengan “asal usul kehidupan.” Jadi, apakah kita melihat tanda-tanda awal penghuni daratan di masa depan? Kita harus menunggu dan melihat.

3. Gunung Everest sekarang lebih besar daripada terakhir kali diukur.

Gunung Everest mungkin tidak tumbuh secara fisik, setelah mencapai kedewasaan sejak lama namun, pengukuran terbaru yang dilakukan oleh surveyor yang mewakili China dan Nepal memiliki puncak gunung yang berdiri lebih tinggi dari yang kita duga di masa lalu. Pembacaan sebelumnya berkisar dari 29.002 kaki di atas permukaan laut pada tahun 1856 hingga 20.029 pada tahun 1955, menurut NPR. Akan tetapi setelah proses panjang mengukur gunung dengan perangkat GPS, para ahli kini menyatakan bahwa Gunung Everest berdiri di ketinggian 29.031,69 kaki, karena lempeng tektonik.

(red/kaje)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini