Pulau Beras Basah wisata bahari Kota Bontang (Foto: dok. Paragrafnews.com)

Bontang-Paragrafnews.com: Bagi Anda yang ingin santai menghabiskan waktu diakhir pekan tempat ini sangat cocok sekali untuk Anda. Pulau Beras Basah, pulau yang sangat mungil, elok nan mempesona, sekaligus bisa untuk menenangkan pikiran akibat rutinitas yang sangat padat.

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar timur bagian Pulau Kalimantan. Secara administrasi, pulau ini berada di bawah pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini sekarang menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal dan luar daerah yang tertarik akan keindahan pesona pantai dan pemandangan bawah laut.

Pulau Beras Basah yang masih alami dengan sentuhan ke kini-kinian (Foto: dok. Paragrafnews.com)

Ketika Anda berkunjung kesini akan disambut dengan sebuah Mercusuar yang menjulang tinggi. Pagar yang di cat dengan warna-warni dan tulisan sambutan ‘Selamat Datang di Beras Basah’ menjadikan pulau yang masih alami ini sedap dipandang dengan sentuhan nuansa kekini-kinian.

Rerimbunan pohon kelapa yang mengelilingi pulau menjadikan suasana sejuk dibawah sinar terik matahari. Gazebo yang dibangun pemerintah Kota Bontang pun, siap untuk menampung Anda bersantai dengan memandang pesona keindahan bahari yang sangat mempesona.

Di pulau ini Anda dapat melihat dan merasakan pemandangan laut yang berbeda, yaitu kondisi air laut yang sangat jernih ditambah kondisi pantai pasir putih yang masih bersih. Anda juga dapat menemukan keindahan pemandangan didasar laut.

Ikan – ikan kecil yang hidup disekitar objek wisata Pulau Beras Basah terlihat beriringan berenang sehingga terlihat sangat indah dan menarik.

Suasana di Pantai Beras Basah (Foto. dok: Paragrafnews.com)

Batu-batu beton pemecah ombak memanjakan Anda yang ingin berenang di pantai sehingga tidak perlu takut terbawa ombak besar dan Anak-anak sekalipun bisa berenang dengan aman. Selain Anda menikmatinya dengan menggunakan pandangan mata, Anda bisa sewa beberapa fasilitas lain yang berguna dan menyenangkan seperti wahana banana boat atau beberapa peralatan snorkling.

Wahana banana boat tersedia di pulau Beras Basah (Foto: dok. Paragrafnews.com)

Ditempat ini juga tersedia sarana tempat ibadah mushola bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah dan jamban dengan air bersih serta bagi Anda yang gemar bakar-bakar  ikan, Anda tidak perlu repot lagi perlengkapan untuk membakar ikan bisa disewa disini.

Tersedia sarana di pulau Beras Basah sehingga Anda nyaman berwisata (Foto; dok. Paragrafnews.com)

Akses ke Pulau Beras Basah

Untuk dapat mengunjungi pulau ini terdapat beberapa akses yang semuanya berasal beberapa dermaga atau pelabuhan dari Kota Bontang. Akses yang paling cepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang memakan waktu kurang lebih lima belas menit. Akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kecil bermesin yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

Sejarah singkat pulau Beras Basah

Menurut cerita rakyat yang berkembang disana, istilah Beras Basah berasal dari cerita perjalanan kapal milik kasultanan kutai. Dahulu pada masa kejayaan Kerajaan Kutai ada sebuah kapal yang merupakan kapal milik kasultanan kutai, kapal ini berlayar diselat makasar dan bertujuan untuk mengantar bahan makanan berupa Beras, tetapi ditengah perjalanan kepal ini mengalami musibah dan karam.

Kejadian itu mengakibatkan tumpahnya barang bawaan yang berupa beras. Karena perairan disekitar tenggelamnya kapal itu dangkal sehingga mengakibatkan beras – beras yang dibawah tidak semuanya tenggelam, akan tetapi membentuk sebuah gundukan. Kemudian beberapa waktu setelah kejadian itu gundukan beras – beras tersebut berubah bentuk menjadi sebuah pulau dengan pasir yang berwarna putih.

 

(kaje)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here