Beranda News Ledakan Petasan Magelang, 1 Meninggal 3 Luka dan 11 Rumah Rusak, Saksi...

Ledakan Petasan Magelang, 1 Meninggal 3 Luka dan 11 Rumah Rusak, Saksi : Guncangan Ledakan Seperti Gempa

0
ledakan petasan magelang satu meninggal
Rumah hancur akibat ledakan bahan petasan di Magelang / Antara

Satu orang meninggal dunia dan tiga luka akibat ledakan diduga bahan obat petasan, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Junjungan, Desa Giriwarno, Kaliangkrik, Magelang, Jateng, Minggu (26/3/2023) malam. Korban meningal dunia diketahui bernama Mufid (33) warga Desa Giriwarno, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Sementara korban luka yakni Nurhayah (41), Naela Janur (17), dan Nailatul (18).

Selain korban meninggal dan luka luka, sebelas rumah mengalami kerusakan 5 rumah yang mengalami rusak berat dan 6 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Proses penyelidikan terus dilakukan, termasuk untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya ledakan tersebut

Peristiwa ledakan akibat bahan obat petasan sempat menggemparkan warga sekitar lokasi kejadian. Melansir Tribun Jogja, salah satu warga, Amin Fahrudin (68) menceritakan detik-detik terjadinya ledakan. Ketika peristiwa itu terjadi, Amin dan keluarga sedang menjalankan shalat Tarawih di Masjid. Ia menyebut getaran seperti gempa bumi.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Jawa Tengah Kombes Pol Dr dr Sumy Hastry Purwanti memaparkan, jasad korban meninggal akibat ledakan bahan petasan hancur.

Walaupun begitu, pihaknya berhasil merekonstruksi tubuh korban yang bernama Mufid itu sehingga dapat dikenali oleh kerabatnya. Jenazah korban telah diserahkan ke pihak keluarga dan telah dimakamkan di pemakaman umum desa setempat, Senin (27/3/2013) sore.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi mengungkapkan, peristiwa ledakan bahan petasan diterjadi pada Minggu (26/3/2023) sekitar pukul 20.05 WIB atau saat masyarakat melaksanakan shalat tarawih di masjid.

Mengutip Kompas, dari hasil penyelidikan dan penyidikan polisi menemukan kantong plastik yang diduga ada bahan mercon atau petasan.

Bunyi ledakan keras itu bersumber dari rumah seorang warga bernama Mufid (33). Ledakan tersebut diduga dipicu oleh bahan petasan yang diracik Mufid.

Selanjutnya: Asal Usul Petasan yang Diciptakan di Tiongkok Sejak Abad ke-7 Masehi untuk Mengusir Roh Jahat

Baca artikel menarik lainnya di Google News klik di sini >>

(kaje/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini