Beranda News 8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental yang Belum Banyak Orang Tahu

8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental yang Belum Banyak Orang Tahu

0
Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental
istockphoto.com

Manfaat yoga untuk kesehatan mental sangat banyak sekali mulai dari mengatasi rasa stres berlebihan hingga membantu mengembalikan fokus seseorang. Yoga menjadi salah satu olahraga paling banyak orang pilih.

Selain membantu memperbaiki postur tubuh. Yoga juga bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan mental. Yoga sendiri jenis olahraga menggabungkan latihan meditasi, pose, serta pernapasan.

Ketiganya itu untuk membantu relaksasi dan mengurangi stres, lho. Maka tak heran jika kalangan anak remaja memilih jenis olahraga satu ini. Apalagi dia masa usia remaja tentu akan lebih sering merasakan stres.

Dampak darisbters sendiri steiap oarang berbeda-beda. Mulai dari segi pertemanan, keluarga, bahkan percintaan. Artikel kami ini memberikan banyak manfaat mengenai olahraga yoga baik untuk menjaga mental Anda.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan MentalBerbagai Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Terdapat banyak sekali manfaat yoga untuk kesehatan mental bisa Anda peroleh dan rasakan. Namun dengan cara Anda melakukan yoga secara rutin dan teratur. Yoga memiliki posisi sangat beragam dimana setiap pose mempunyai fungsi serta peran tersendiri bagi tubuh.

Bagi sebagian orang mungkin hanya terlintas bahwa yoga untuk mempercantik postur tubuh saja. Padahal hal itu salah total, sebab yoga juga bisa membantu menjaga kesehatan mental Anda. Berikut manfaat yoga untuk kesehatan mental:

1. Meningkatkan Mood

Latihan fisik akan melepaskan bahan kimia pada otak yang sehat seperti dopamin dan endorfin. Alhasil, suasana hati lebih menjadi seimbang dan masalah kesehatan mental yang umum terjadi seperti depresi bisa teratasi ketika Anda rajin melakukan latihan fisik.

Salah satu latihan fisik direkomendasikan oleh terapis adalah yoga. Yoga mempunyai kemampuan untuk menciptakan ketenangan mental dan konsentrasi serta meningkatkan suasana atau seseorang. Bahkan yoga merupakan cara efektif guna membantu mengelola gangguan bipolar yang mendorong perubahan suasana hati ekstrem.

2. Meredakan Gangguan Kecemasan

Banyak orang mulai melakukan yoga sebagai cara guna mengatasi perasaan cemas. Menariknya, ada cukup banyak penelitian menemukan bahwa manfaat yoga untuk mental bisa membantu mengurangi kecemasan.

Dalam ilmu penelitian ada 34 perempuan dengan adanya gangguan kecemasan berpartisipasi kelas yoga selama dua kali seminggu dalam waktu dua bulan. Hasilnya mereka berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan lebih rendah.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur juga menjadi salah satu manfaat dari melakukan yoga. Ya, ketika sedang banyak pikiran atau stres, biasanya mengalami sulit tidur, lalu rentan terbangun ketika malam hari, dan hal lain yang mengganggu kualitas tidur malam Anda.

Ya, kondisi susah tidur atau insomnia ternyata bisa diatasi dengan olahraga yoga. Para penelitian telah mengungkapkan bahwa yoga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesadaran spiritual, meningkatkan fungsi sosial, dan mengurangi gelas kecemasan serta depresi pada pasien kanker.

4. Melawan Depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga juga mempunyai efek antidepresan dan bisa membantu mengurangi gejala depresi. Manfaat yoga guna kesehatan mental satu ini bisa Anda dapat karena yoga bisa menurunkan kadar kolesterol, hormon stres yang mempengaruhi kadar serotonin, neurotransmitter sering dikaitkan dengan depresi.

5. Meningkatkan Kesabaran

Manfaat selanjutnya yoga bagi kesehatan mental adalah meningkatkan kesabaran Anda. Pada akhirnya, gangguan-gangguan semacam itu akan menyebabkan ledakan kemarahan tidak terkendali.

Guna membantu mengatasinya, yoga bisa Anda coba. Menggabungkan berbagai kegiatan pernapasan dikenal sebagai pranayama. Yoga bisa membantu merilekskan tubuh dan pikirkan Anda.

6. Mengatasi Gangguan Makan

Terapi yoga bisa membantu Anda yang mengalami gangguan makan. Sebab, yoga bisa mengubah pandangan terhadap tubuh. Yoga bisa mengingatkan pasien bahwa mereka sendiri adalah kendali atas tubuh mereka, membantu pasien tersebut guna melihat tubuh sebagian set dan membantu mereka merasa lebih kuat.

7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat yoga guna jiwa juga makin banyak dikenal. Sekarang ini yoga bisa menjadi semakin umum digunakan sebagai terapi tambahan guna meningkatkan kualitas hidup banyak orang.

Dalam sebuah penelitian, banyaknya lansia 135 melakukan yoga selama 6 bulan. Hasilnya, berlatih yoga bisa meningkatkan kualitas dalam hidup. Bukan hanya itu saja para peneliti juga menemukan manfaat yoga untuk meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi gejala pasien kanker.

Hal tersebut telah terbukti melalui sebuah penelitian terhadap penyintas kanker payudara, wanita yang menjalani kemoterapi. Hasilnya pun juga bisa mengurangi gejala kemoterapi, misalnya saja seperti mual dan muntah.

8. Mengurangi Stres

Manfaat lain dari yoga bagi kesehatan mental yakni mengurangi rasa stres serta meningkatkan relaksasi. Faktanya, beberapa dari penelitian telah menunjukan bahwa yoga bisa menurunkan sekresi kortisol, yakni hormon stres utama.

Ya, dalam sebuah studi menjelaskan pengaruh kuat yoga terhadap stres. Penelitian itu diikuti oleh sebanyak 24 wanita merasa tertekan secara emosional. Setelah program yoga selama 3 bulan, hasilnya memiliki tingkat kortisol jauh lebih rendah.

8 manfaat yoga untuk kesehatan mental di atas bisa jadi referensi untuk Anda ingin memiliki kehidupan tanpa stres berlebihan. Lakukan yoga secara rutin agar hasil optimal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini