Beranda News Mengapa Kita Memiliki Gigi Bungsu? Simak, Berikut Penjelasannya

Mengapa Kita Memiliki Gigi Bungsu? Simak, Berikut Penjelasannya

0

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita memiliki gigi bungsu? Gigi geraham di belakang rahang kita ini mungkin tampak tidak nyaman.

Di artikel ini kami akan mengupas sejarah gigi bungsu, kapan biasanya muncul, dan mengapa beberapa orang terlahir tanpa gigi tersebut

Merangkum dari sumber, kami juga akan membahas masalah yang dapat timbul dengan gigi bungsu dan mengapa sebagian orang memilih untuk mencabutnya.

Mengapa orang memiliki gigi bungsu?

Gigi Geraham Bungsu
Ilustrasi Gigi Geraham Bungsu / net

Terselip di sudut terjauh rahang Anda terletak gigi bungsu Anda. Dan seperti gigi geraham lainnya, mereka membantu menggiling makanan agar lebih mudah ditelan dan dicerna.

Gigi bungsu cocok dengan pola makan manusia gua yang kasar ketika mereka makan banyak kacang-kacangan, umbi-umbian, dan daging mentah.

Karena mereka belum menyempurnakan masakan, manusia purba membutuhkan cara yang efisien untuk menghancurkan makanan sebelum menelannya.

Rahang mereka yang lebar dapat menampung set gigi ekstra di belakang, jadi tidak merepotkan. Meski saat ini, manusia tidak terlalu membutuhkan gigi geraham ketiga.

Kami telah mengembangkan banyak teknik untuk membuat makanan lebih mudah dikunyah. Dengan berbagai proses memasak dan peralatan makan untuk memotong potongan seukuran gigitan, kita tidak lagi menggunakan gigi bungsu.

Ini adalah struktur vestigial, seperti appendix Anda , yang tidak lagi berfungsi.

Pada usia berapa orang mendapatkan gigi bungsu?

Gigi bungsu sering juga disebut sebagai gigi geraham ketiga. Disebut gigi bungsu karena ini adalah gigi yang terakhir muncul. Biasanya pertumbuhan gigi bungsu terjadi di sekitar usia 17–25 tahun. Saat gigi bungsu tumbuh, beberapa orang mungkin akan mengalami rasa sakit yang tak tertahankan dan kesulitan untuk mengunyah makanan.

Meskipun gigi bungsu muncul di akhir usia belasan atau awal dua puluhan, perkembangannya mulai jauh lebih awal, sekitar usia 7 hingga 10 tahun.

Setelah terbentuk, mereka tetap terselip di rahang Anda sampai saatnya muncul.

Tetapi jika gigi bungsu tumbuh saat Anda masih kecil, mengapa butuh waktu lama untuk muncul?

Jawabannya adalah ruang. Gigi bungsu membutuhkan ruang di rahang Anda untuk tumbuh, dan rahang anak tidak cukup besar.

Semakin tua usia Anda, semakin besar pula rahang Anda. Oleh karena itu, pada masa dewasa awal, rahang Anda memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menampung gigi geraham ketiga.

Anda dapat mengetahui bahwa gigi bungsu Anda mulai tumbuh saat Anda merasakan nyeri atau nyeri gusi yang menetap di bagian belakang rahang.

Laki-laki biasanya mendapatkan gigi bungsunya lebih awal daripada perempuan, dan gigi bungsu di rahang atas Anda biasanya muncul lebih dulu.

Namun demikian, mungkin perlu waktu bertahun-tahun agar gigi bungsu Anda tumbuh sepenuhnya.

Mengapa beberapa orang terlahir tanpa gigi bungsu?

Tidak semua orang memiliki gigi bungsu. Sekitar 25% orang memiliki 1-3 gigi bungsu, sementara sekitar 35% tidak memilikinya.

Beberapa ahli percaya bahwa karena rahang kita umumnya terlalu kecil untuk menahan gigi bungsu dengan nyaman, kita berevolusi untuk menghilangkannya.

Dan pada tingkat ini, gigi bungsu bisa hilang seluruhnya di masa depan.

Mengapa gigi bungsu begitu bermasalah?

Gigi geraham bungsu
Ilustrasi operasi gigi / net

Banyak hal yang salah dengan gigi bungsu, jadi kebanyakan orang mencabutnya sebelum timbul komplikasi.

Gigi bungsu yang terkena dampak cukup umum. Masalah lain termasuk kepadatan penduduk, penyakit gusi, kerusakan gigi, dan infeksi.

Sebagian besar masalah gigi bungsu disebabkan oleh ruang yang tidak memadai untuk tumbuh. Jika gigi bungsu Anda tidak mendapatkan cukup ruang untuk tumbuh, gigi tersebut mungkin akan tertahan di rahang Anda.

Mereka mungkin juga meletus pada sudut yang canggung. Hal ini mengancam kesehatan gusi dan gigi lainnya .

Jika rahang Anda penuh sesak, gigi bungsu Anda dapat mengikis enamel gigi di sekitarnya. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan masalah parah seperti infeksi dan kerusakan gigi.

Meskipun gigi bungsu bisa menimbulkan masalah, tidak selalu buruk. Beberapa orang memiliki nol masalah molar ketiga dan dapat mempertahankannya.

Kami memiliki gigi bungsu karena sangat penting untuk diet nenek moyang kami. Mereka secara efisien menghancurkan diet keras manusia purba dan membuat proses menelan dan pencernaan menjadi lebih mudah.

Tapi sekarang makanan kita menjadi lebih mudah dikunyah, sepertinya kita tidak membutuhkannya lagi. Rahang kita juga jauh lebih kecil, sehingga tidak ada ruang bagi gigi bungsu untuk tumbuh.

Apakah Anda memilih untuk mempertahankan gigi bungsu Anda atau mencabutnya, satu hal yang jelas – gigi geraham ini memiliki sejarah yang menarik dan terus membuat kita penasaran hingga saat ini.

Baca juga: 7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Coba Terapkan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini