Beranda News Mengenal 3 Varian Kopi Jawa ”Java” yang Tersohor ke Mancanegara dan Cara...

Mengenal 3 Varian Kopi Jawa ”Java” yang Tersohor ke Mancanegara dan Cara Penyajiannya

0
Mengenal 3 Varian Kopi Java

Kopi Jawa (Java) adalah jenis kopi yang berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Kopi ini terkenal dengan rasa yang kuat dan aroma yang khas.

Sebelum mengenal 3 varian kopi Java, penting untuk diketahui. Kopi Java biasanya disajikan dalam bentuk secangkir kopi hitam atau kopi tubruk. Kopi tubruk merupakan cara menyeduh kopi yang sangat populer di Indonesia, di mana biji kopi digiling kasar dan diseduh bersama air panas. Kopi Java juga sering digunakan sebagai bahan campuran dalam minuman kopi lainnya, seperti cappuccino dan latte.

Baca juga: Sejarah Singkat Kopi Java Sejak Jaman Kolonialisme

Berikut adalah 3 varian kopi Java yang terkenal dan cara penyajiannya:

1. Kopi Jampit

Kopi Jampit berasal dari daerah Blawan, Jawa Timur, dan memiliki rasa yang kuat dan pahit. Untuk menyajikan kopi Jampit, biji kopi digiling halus dan diseduh dengan air panas, kemudian disaring. Kopi Jampit biasanya disajikan dalam cangkir kecil dan dapat diminum tanpa gula atau ditambahkan sedikit gula sesuai selera.

2. Kopi Sunda

Kopi Sunda berasal dari daerah Priangan, Jawa Barat, dan memiliki rasa yang halus dan sedikit manis. Untuk menyajikan kopi Sunda, biji kopi digiling kasar dan diseduh menggunakan alat tradisional seperti phin atau saringan kopi. Kopi Sunda biasanya disajikan dalam cangkir kecil dan dapat diminum tanpa gula atau ditambahkan sedikit gula sesuai selera.

3. Kopi Blawan

Kopi Blawan berasal dari daerah Ijen, Jawa Timur, dan memiliki rasa yang kuat dan asam. Untuk menyajikan kopi Blawan, biji kopi digiling halus dan diseduh dengan air panas menggunakan alat tradisional seperti saringan kopi atau espresso machine. Kopi Blawan biasanya disajikan dalam cangkir kecil dan dapat diminum tanpa gula atau ditambahkan sedikit gula sesuai selera.

Demikian 3 varian kopi Java serta cara penyajiannya, Anda suka yang mana dari ketiga varian kopi Java tadi?

Baca juga: 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini