Beranda News Mengenal Kopi Luwak, Kopi Termahal di Dunia

Mengenal Kopi Luwak, Kopi Termahal di Dunia

0
mengenal kopi luwak
Kopi Luwak / net

Mungkin sebagaian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal kopi luwak. Kopi luwak adalah jenis kopi yang berasal dari biji kopi yang sudah dicerna oleh luwak, hewan kecil yang mirip kucing yang tinggal di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara.

Luwak memakan biji kopi sebagai bagian dari dietnya, dan kemudian biji kopi tersebut melewati sistem pencernaan mereka dan dikeluarkan bersama dengan kotoran mereka.

Sebelum menyeruput kopi luwak, baiknya Anda lebih mengenal kopi luwak yang terkenal sangat mahal itu. Kopi luwak dikumpulkan dari kotoran luwak, biji kopi tersebut kemudian dicuci dan dipanggang untuk dijadikan kopi luwak. Karena proses produksi kopi luwak sangat terbatas dan memerlukan usaha yang ekstra, kopi luwak dianggap sebagai salah satu jenis kopi paling mahal di dunia.

Namun, karena pengambilan biji kopi dari kotoran luwak yang tidak selalu berasal dari luwak yang hidup di alam liar, tetapi kadang-kadang berasal dari luwak yang dipelihara dalam kandang dan diberi makan biji kopi secara paksa, praktik produksi kopi luwak telah menuai kontroversi dan kritik dari beberapa orang.

mengenal kopi luwak
Kopi Luwak / net

Cita rasa kopi luwak

Cita rasa kopi luwak dikatakan memiliki karakteristik yang unik dan kompleks, dengan rasa yang lembut dan tidak pahit serta aroma yang kuat. Karena proses pencernaan luwak, biji kopi mengalami beberapa perubahan kimia, seperti penurunan kadar asam dan peningkatan kadar gula alami, yang dapat mempengaruhi cita rasa kopi.

Namun, perlu diingat bahwa rasa kopi sangat subjektif dan dapat berbeda-beda dari orang ke orang, terlepas dari jenis kopi yang diminum. Beberapa orang mungkin tidak terlalu terkesan dengan rasa kopi luwak, sementara yang lain mungkin sangat menikmatinya.

Kopi luwak termahal di dunia?

Ya, kopi luwak adalah salah satu jenis kopi paling mahal di dunia karena proses produksinya yang rumit dan terbatas. Harga kopi luwak dapat mencapai beberapa ratus hingga ribuan dollar per kilogram, tergantung pada kualitas dan asal biji kopi.

Namun, perlu diingat bahwa mahalnya harga kopi luwak tidak selalu sebanding dengan kualitas atau cita rasa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Selain itu, beberapa produsen kopi luwak juga dikritik karena mengambil biji kopi dari luwak yang dipelihara dalam kandang dan diberi makan biji kopi secara paksa, sehingga dapat merusak kesejahteraan hewan tersebut dan menimbulkan kekhawatiran etis.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli kopi luwak yang mahal.

Baca juga: Dear Penikmat Kopi ! Berikut Adalah Daftar 10 Kopi Terbaik Indonesia yang Mendunia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini