Beranda News Menlu RI Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB

Menlu RI Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB

0
Menlu RI Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi ikut melakukan walk out bersama para diplomat lain yang berasal dari negara-negara Arab / net

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi ikut melakukan walk out bersama para diplomat lain yang berasal dari negara-negara Arab. Aksi tersebut dilakukan karena Gilad Erdan terus memberikan pernyataan yang terkesan playing victim terhadap konflik di Gaza. Aksi walk out tersebut dilakukan saat Duta Besar Israel Gilad Erdan memulai pidato pada Rabu, 24 Januari 2024.

Baca juga: Hamas Melaporkan 25.000 Korban Tewas di Gaza Semenjak Israel Melancarkan Serangan

Walk out-nya para diplomat dari berbagai negara Arab itu terjadi di tengah meningkatnya kecaman global terhadap Israel dan sekutunya Amerika Serikat (AS). Hal itu dikarenakan jumlah warga Palestina yang dibantai dalam serangan di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, telah mencapai 25.700 orang, dengan 63.740 orang terluka.

Menlu RI Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB
Para delegasi negara-negara dalam pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di markas besar PBB di New York, AS, 10 November 2023. REUTERS/David Dee Delgado

Selain itu, kekhawatiran lainnya muncul mengenai penggunaan makanan sebagai senjata perang melawan warga Palestina di Gaza. Kemarahan para diplomat dari negara-negara Arab memuncak ketika warga Gaza mengalami pembantaian dan kelaparan.

Namun, utusan Israel itu justru bertindak sebagai korban, dengan menyatakan bahwa dengan melakukan gencatan senjata, Hamas akan tetap berkuasa.

Melansir dari Almayadeen, Gilad memutarbalikkan fakta dengan mengatakan bahwa Hamas akan berkuasa lagi saat Israel melakukan genjatan senjata.

“Ini bukanlah perang yang dipilih Israel. Tapi kami akan mempertahankan masa depan kami sama seperti anda masing-masing membela masa depan negara anda,” ucapnya yang kemudian diikuti oleh aksi Walk Out oleh sejumlah diplomat.

Dari rekaman video pada Rabu (24/1/2024), setidaknya ada 20 lebih diplomat yang memutuskan untuk meninggalkan debat terbuka tersebut. Meskipun belum diketahui secara rinci negara mana saja yang memilih untuk meninggalkan debat terbuk tersebut.

Adapun momen para diplomat meninggalkan debat terbuka DK PBB tersebut terekam kamera dan dibagikan oleh salah satu media yakni Middle East Eye.

“Para diplomat keluar dari pertemuan Dewan Keamanan PBB segera setelah Gilad Erdan, duta besar Israel untuk PBB, mulai berbicara, sebagai protes terhadap agresi Israel di Gaza,” tulis pemberitaan mereka dikutip Kamis (25/1). Dalam pidatonya, Gilad Erdan juga menyinggung mengenai ancaman yang dilayangkan Iran sebagai bentuk solidaritas untuk Hamas dan Palestina.

“Limpahan konflik tidak terjadi secara ajaib. Itu sudah direncanakan dan diinstruksikan,” klaimnya lebih lanjut. Namun karena tak ada titik terang mengenai genjatan senjata yang diminta, beberapa diplomat akhirnya memilih untuk walk out.

red/kaje

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini