Beranda Internasional Nekat Masuki Wilayah NATO, Jet Tempur dan Pesawat Mata-mata Rusia  Dicegat Jet...

Nekat Masuki Wilayah NATO, Jet Tempur dan Pesawat Mata-mata Rusia  Dicegat Jet Tempur Inggris

0
jet tempur rusia dicegat Nato
Su-27 Rusia terlihat terbang dari sayap pesawat RAF / RAF

Jet Typhoon Angkatan Udara Kerajaan Inggris mencegat jet temput dan pesawat mata-mata Rusia yang hampir melanggar batas wilayah udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization) NATO di atas Laut Baltik pada hari Jumat.

Salah satu pesawat diidentifikasi jenis pesawat intelijen IL-20 Coot-A Angkatan Udara Rusia yang menuju eksklave Rusia di Kaliningrad yang berbatasan dengan Polandia dengan pengawalan jet tempur Su-27 Flanker-B.

Baca juga: Pertempuran Makin Berkecamuk di Sudan, Korban Tewas Menjadi 97

Pesawat intelijen tersebut ini dirancang untuk menyerap komunikasi dan sinyal musuh untuk dianalisis.  

Sementara itu, gambar menakjubkan yang dibagikan oleh angkatan udara sekutu di media sosial menunjukkan salah satu jet Su-27 Rusia meluncur di udara hanya beberapa meter dari pesawat RAF.

jet tempur rusia dicegat Nato
Salah satu pesawat Rusia (kiri) diidentifikasi sebagai pesawat intelijen IL-20 Coot-A Angkatan Udara Rusia yang menuju eksklave Rusia di Kaliningrad yang berbatasan dengan Polandia / File RAF

“Kami sering melihat pesawat militer Rusia terbang di atas Laut Baltik dan ini adalah pencegatan rutin bagi kami,” bunyi pernyataan RAF.

Lebih lanjut, pernyataan RAF, pentingnya mencegat pesawat ini dan komitmen kami untuk pertahanan kolektif wilayah udara NATO tetap teguh dan tegas.

‘Apa yang telah dibuktikan oleh pencegatan ini adalah bahwa bersama dengan sekutu Jerman kami, kami dapat bertindak dengan cepat dan tegas untuk memastikan keamanan Aliansi secara efektif.’ pernyataan RAF.

RAF dan Typhoon Jerman mengawal Coot-A dan Flanker-B melalui wilayah informasi penerbangan Estonia sebelum menyerahkan pesawat tempur Saab Gripen Angkatan Udara Swedia.

Sekutu saat ini bekerja sama dalam Operasi Azotize – inisiatif Pemolisian Udara NATO yang dirancang untuk memastikan keamanan negara-negara anggota di Eropa timur yang dekat dengan Ukraina.

RAF dan Angkatan Udara Jerman menerbangkan jet Eurofighter Typhoon mereka dari Pangkalan Udara Amari di Estonia. 

Pencegatan hari Jumat adalah kelima kalinya pesawat Jerman dan Inggris melakukan kontak dengan pesawat Rusia di dekat wilayah udara NAO hanya dalam enam minggu.

Di katakan RAF, Ini adalah demonstrasi lain dari kesiapan dan komitmen kami untuk bereaksi dengan cepat untuk melakukan pencegatan langsung. Pencegatan gabungan RAF dan Angkatan Udara Jerman ini terus meningkatkan kohesi NATO, memastikan kerja sama dan pemahaman yang mulus selama misi ini.

Melansir dailymail, Intersepsi terbaru pesawat Rusia terjadi hanya beberapa hari setelah dokumen Pentagon yang bocor mengklaim salah satu jet tempur Moskow hampir menembak jatuh pesawat mata-mata RAF di Laut Hitam tahun lalu – sebuah insiden yang bisa menyeret Inggris ke dalam perang di Ukraina.

Pada 29 September, sebuah pesawat pengintai RAF RC-135 Rivet Joint terbang melalui wilayah udara internasional dekat semenanjung Krimea yang diduduki Rusia ketika diserbu oleh satu skuadron pesawat tempur Su-27 Moskow.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini