Beranda Daerah DPRD Bontang Pemkot Tarik Lagi Tong Sampah di Pinggir Jalan, Andi Faiz : Buat...

Pemkot Tarik Lagi Tong Sampah di Pinggir Jalan, Andi Faiz : Buat Skema yang Jelas

0
pemkot bontang tarik tong sampah
Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam / DPRD Bontang

Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam menyoroti soal penarikan kembali bak sampah di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bontang Utara oleh pemerintah.

Menurut Faiz, dalam menyikapi persoalan sampah ini pemerintah daerah semestinya lebih dahulu melakukan kordinasi soal mekanisme pembuangan sampah yang jelas kepada masyarakat agar penarikan tempat sampah tidak berulang-ulang terjadi.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang juga sebaiknya lebih aktif lagi menyiapkan sarana dan prasarana penunjang sampah ini.

“Kalau begini terus, ya tidak selesai-selesai masalah sampah ini,” ujarnya, Minggu (6/5/2023).

Politisi Partai Golkar ini juga meminta agar pemerintah membuat skema yang jelas terkait peletakan bak sampah, maupun sistem pembuangan sampah yang sesuai dan diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah mengenai kesiapan masyarakat soal aturan baru ini.

“Pemerintah bisa menugaskan bawahannya seperti Kelurahan untuk membentuk kelompok swadaya masyarakat dalam mengelola sampah. Dan nanti difasilitasi untuk mengangkut sampah dari rumah ke rumah untuk di kelola (kelompok swadaya). Saya rasa itu lebih efektif,” bebernya.

Kemudian, kelurahan bersama forum RT dan warga dapat melakukan musyawarah mengenai retribusi atau tarif sampah.

Namun mengenai tarif ini Andi Faiz menekan agar terlebih dahulu dilakukan sosialisasi atau musyawarah kepada masyarakat, sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan masalah.

“Jadi, kedepannya tidak ada lagi itu penumpukan sampah di pinggir jalan,” tandasnya.

(kaje/red) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini