Beranda News Proses Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Jatuh Mengalami Kendala

Proses Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Jatuh Mengalami Kendala

0
Fakta Helikopter Kapolda Jambi Jatuh
Ilustrasi

Lokasi helikopter Kapolda Jambi jatuh, Irjen Rusdi Hartono, berada di kawasan sarang harimau. Tepatnya yaitu di jantung hutan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat). 

Oleh karena lokasi helikopter jatuh tersebut berada di area tengah hutan dengan kondisi kemiringan lahan yang terbilang cukup curam, tim evakuasi pun akhirnya memerlukan usaha yang ekstra agar bisa tiba di lokasi.

Fakta Helikopter Kapolda Jambi Jatuh

Terdapat beberapa fakta mengenai helikopter jatuh yang ditumpangi oleh Kapolda Jambi. Berikut ini adalah beberapa fakta tersebut.

1. Jatuh di Area yang Rawan Binatang Buas

Lokasi helikopter yang jatuh berada di Taman Nasional Kerinci Seblat, yang merupakan area dengan ciri kontur berbukit serta keadaan suhu yang sangat dingin ketika menjelang malam hari. Terutama ketika musim penghujan.

Hutan itu sendiri dicirikan dengan lahannya yang miring dan cukup curam, yaitu sekitar 60 derajat. 

Tercatat setidaknya terdapat 30 gunung serta bukit di area hutan tersebut. Selain memiliki vegetasi yang cukup lebat, hutan di TNKS ini disebut juga sebagai habitat dari rusa dan harimau sumatera.

2. Proses Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Jatuh Terkendala

Oleh karena lokasi helikopter tersebut berada di area tengah hutan serta memiliki medan yang terbilang cukup sulit, akhirnya membuat proses evakuasi pun tidak dapat dilakukan secara mudah. 

Sony menyebut bahwasanya perjalanan darat menuju ke lokasi helikopter mendarat tersebut dibutuhkan setidaknya 7 hingga 8 jam. Dengan kondisi hutan yang memiliki kontur berbukit tentu akan sangat susah untuk melakukan proses evakuasi dengan menggunakan jalur darat.

Dan satu-satunya peluang untuk melakukan kegiatan evakuasi ini yaitu dengan melalui jalur udara. Sony melanjutkan bahwasanya dalam keadaan darurat, pepohonan yang ada di hutan perlu ditebang, sehingga proses evakuasi nantinya bisa dilakukan.

Menurutnya evakuasi menggunakan jalur darat memang akan cukup susah terutama ketika harus membawa tandu korban dari helikopter Kapolda Jambi jatuh tersebut. 

3. Kondisi Kapolda Jambi Beserta dengan Rombongan

Bersyukurnya di dalam kecelakaan helikopter ini, Irjen Rusdi beserta dengan rombongan selamat. Tapi Kapolda Jambi tersebut mengalami beberapa hal, seperti patah tulang di bagian tangan kanannya. Sedangkan penumpang lain hanya mengalami luka kecil.

Berdasarkan dari rekaman video yang berdurasi selama 1 menit 14 detik dari tim SAR yang sedang berada di lokasi tersebut, tampak korban yang diduga Kapolda Jatim serta 2 direktur dan kru helikopter. 

Mereka tampak tengah mengenakan perlengkapan berupa selimut. Selain itu juga di sekitar terlihat beberapa logistik lainnya yang sudah diturunkan dari helikopter evakuasi.

4. Kronologi Helikopter Jatuh

Helikopter yang ditumpangi oleh rombongan dari Kapolda Jambi tersebut mendarat secara darurat di Bukit Tamia, Muara Emat pada Hari Minggu tanggal 19 Februari kemarin. Kejadian tersebut berawal saat Kapolda beserta dengan jajarannya terbang dari Jambi ke Sungai Penuh.

Perjalanan tersebut dilakukan untuk melaksanakan kunjungan kerja, yaitu sekitar pukul 09 25 WIB. Rombongan beserta dengan Kapolda diagendakan untuk menghadiri peresmian kantor SPKT polres Kerinci serta pengamanan terhadap kunjungan Jusuf Kalla.

Kemudian sekitar pukul 11.02 WIB, posko Polda Jambi memperoleh laporan dari kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 mendarat secara darurat di Kecamatan Batang Merangin kabupaten Kerinci, tepatnya yaitu di desa Tamiai. 

Setelah memperoleh laporan tersebut, kemudian tim pun bergegas untuk langsung menunjukkan personel batalyon B satuan Brimob Polda Jambi, polres Merangin serta polres Kerinci untuk menuju ke lokasi helikopter Kapolda Jambi jatuh serta melakukan kegiatan evakuasi.

Baca juga:

Kronologi Helikopter Jatuh, Kapolda Jambi Patah Lengan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini