Beranda Internasional Ranil Wickremesinghe Dilantik Sebagai Presiden Eksekutif Sri Lanka Ke-8

Ranil Wickremesinghe Dilantik Sebagai Presiden Eksekutif Sri Lanka Ke-8

Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai Presiden Eksekutif ke-8 Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka di hadapan Ketua Mahkamah Agung

0
Ranil Wickremesinghe dilantik
Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai Presiden Eksekutif ke-8 Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka

Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai Presiden baru Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka setelah pemungutan suara di Parlemen pada Rabu (20/7).

Dan, Ranil Wickremesinghe dilantik sebagai Presiden Eksekutif ke-8 Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka di hadapan Ketua Mahkamah Agung, Kamis (21/7).

Ia memperoleh 134 suara, sedangkan calon lainnya Dullas Alahapperuma memperoleh 82 suara, dan Anura Kumara memperoleh 3 suara.

223 Anggota DPR memberikan suaranya di DPR, Rabu. dan 2 anggota parlemen abstain dari pemungutan suara. Empat suara dianggap tidak sah dan jumlah suara sah adalah 219.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Sri Lanka bahwa pemungutan suara dilakukan di Parlemen untuk memilih Presiden pengganti, menyusul jabatan yang ditinggalkan oleh Gotabaya Rajapaksa yang mengundurkan diri pada 14 Juli 2022.

Meskipun sebelumnya ada satu pengalaman pemilihan presiden oleh parlemen di Sri Lanka, kali ini istimewa.

Pada tahun 1993, setelah kematian mantan Presiden Ranasinghe Premadasa, DB Wijetunga terpilih untuk sisa masa jabatan Presiden dengan suara bulat, tanpa pemungutan suara sebagai Presiden pengganti.

Tapi kali ini, karena beberapa kandidat maju, jajak pendapat diadakan. Dengan demikian, ini akan ditandai sebagai pengalaman baru dalam sejarah parlementer negeri ini.

Nama-nama tiga Anggota DPR diusulkan dan diperbantukan di DPR pada Selasa untuk kekosongan jabatan Presiden, dengan mundurnya mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Oleh karena itu, nama Pj Presiden Ranil Wickremesinghe, Anggota DPR Dullas Alahapperuma, dan Anggota DPR Anura Kumara Dissanayake diusulkan. Baca terus di Google News

red/kaje

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini