Beranda Daerah DPRD Bontang Rustam Minta Pemkot Bontang Hati-hati Soal Pengadaan Motor RT

Rustam Minta Pemkot Bontang Hati-hati Soal Pengadaan Motor RT

0
Pemkot Bontang Pengadaan Motor RT
Rapat Komisi II DPRD Bontang

Ketua komisi II DPRD Bontang Rustam meminta pemerintah kota (Pemkot) agar rencana pengadaan kendaraan bermotor untuk para ketua RT dikemas sesuai kajian.

Pasalnya, menurut dia masih ada kerancuan dalam mekanisme pembelian aset kepada 499 ketua RT. Apalagi rencananya surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB akan dimiliki masing-masing ketua RT.

Baca juga: Rencana Pembelian Motor untuk 499 Ketua RT, Rustam : Perlu Kajian

“Pemerintah harus lebih hati-hati mewujudkan program motor RT ini,” ujarnya, Selasa (21/2/23).

Selain itu, Pemkot juga diminta agar tidak lepas tangan, jika dikemudian hari terjadi masalah seperti soal status kepemilikan motor dan beban operasional yang rencananya akan dibebankan masing-masing ketua RT.

“Jangan sampai ini pemerintah cuci tangan kalau dikemudian hari ada masalah. Apalagi kan status kepemilikan surat-suratnya atas nama ketua RT, ditambah beban operasional dan perpanjangan STNK juga dibebankan ke mereka (ketua RT),” timpalnya.

Meski demikian, pada prinsipnya DPRD Bontang mendukung realisasi pemberian motor kepada seluruh ketua RT di Bontang.

“Pada prinsipnya kami mendukung, tetapi pasti harus ada proses yang jelas, harus hati-hati. Mungkin harusnya BPKB itu tetap dipegang Pemkot, untuk mencegah persoalan baru,” tandasnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Shantie Nor Farida mengatakan, pihaknya hanya melakukan pencatatan pengadaan aset, dan tidak lagi bertanggung jawab terhadap aset tersebut.

“Kita cuman catat aja sama seperti stimulan RT, Jadi sudah lepas tanggung jawab,” ungkap Shantie.

Menambahkan, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Rafidah menjelaskan, soal mekanisme pendistribusian masih dalam pembahasan, sedangkan untuk status asetnya nanti akan dimiliki oleh RT dan bukan nama pribadi.

“Jadi setiap pembiayaan operasional nanti ditanggung oleh ketua RT, dan sebelum diserahkan ada berita acara dulu,” imbuhnya.

kaje/red

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini