Beranda Bisnis Kuliner Soto Banjar Kalimantan Selatan, Kuliner Berkuah Kaya Rempah

Soto Banjar Kalimantan Selatan, Kuliner Berkuah Kaya Rempah

0
Soto Banjar Kalimantan Selatan
Youtube.com

Soto Banjar Kalimantan Selatan merupakan sajian ikonik yang terkenal dengan cita rasa khas gurih. Soto berkuah ini menggunakan telur bebek dan ayam kampung sebagai isiannya. Semangkuk Soto Banjar sekilas terlihat mirip dengan ragam soto khas lainnya, khususnya pada bagian isian.

Namun, ada beberapa ciri khas yang membuat hidangan berkuah ini lebih spesial. Kuliner berkuah khas dari daerah Banjarmasin ini terkenal karena kuatnya cita rasa rempah yang dipakai.

Soto dengan kuah bening dan tidak terlalu berwarna kuning ini karena tidak menggunakan kunyit yang banyak. Sehingga kuah soto masih berwarna kuning, ada juga resep yang menambahkan susu ke dalamnya dan membuatnya menjadi semakin gurih.

Soto Banjar Kalimantan Selatan
Youtube.com

Soto Banjar Kalimantan Selatan Kuliner Berkuah Kaya Rempah

Makanan nusantara yang satu ini bahkan sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru Indonesia karena kelezatannya tidak perlu orang ragu lagi. Soto Banjar sendiri merupakan soto khas dari suku Banjar yang masuk ke dalam suku besar di Kalimantan.

Selain nikmat, Soto Banjar Kalimantan Selatan juga memiliki kandungan gizi yang cukup seimbang untuk makanan berkuah. Hal ini terbukti dengan adanya daging ayam dengan kandungan protein tinggi. Sehingga kendati dalam penyajiannya tanpa nasi, makanan ini akan tetap memberikan rasa yang kenyang.

Ayam di dalam soto juga memiliki gizi lain yang tubuh perlukan dan butuhkan, seperti misalnya vitamin, kalium, natrium, kalsium, dan kandungan baik untuk tubuh lainnya. Terlebih lagi jika bertambah dengan perasan jeruk nipis yang akan membuat kuah soto terasa begitu segar.

Soto Banjar akan terasa lebih pas Anda santap dengan lontong. Campuran kuah bening dan legit bertambah dengan taburan bawang goreng menjadi paduan pas untuk dinikmati. Soto Banjar Kalimantan Selatan ini bisa disantap di segala cuaca dan waktu.

Asal Usul Soto Banjar

Soto Banjar sendiri namanya dari nama suku mayoritas yang berada di wilayah Kalimantan Selatan, suku Banjar. Namun, terdapat versi lain yang menyebutkan bahwa Soto Banjar bersama oleh tentara Demak saat memberikan bantuan kepada Kerajaan Banjar.

Ahli Cagar Budaya Banjarmasin Mursalin di acara webinar Potensi Soto Banjar sebagai Gastro Destination Kota Banjar pada hari Senin 20 Desember tahun 2021 mengatakan bahwa Soto Banjar memiliki dua varian, yaitu soto berkuah bening dan kental.

Ia juga mengatakan bahwa keberadaan Soto Banjar Kalimantan Selatan ini merupakan wujud dari bertemunya berbagai macam budaya, yaitu budaya Belanda, India, Arab, Tiongkok, dan juga Banjar. Kuliner soto hadir di Indonesia dibawa oleh orang China. Terdapat berbagai macam penyebutan dari nama soto tersebut. 

Ada yang menyebut sebagai shao du, zhu du, dan jao to. Ketiga nama ini sendiri merujuk kepada satu kesamaan konsep, yaitu pemakaian jeroan sebagai bahan dasar atau utama makanan. Shau du atau jao to masuk ke dalam tipikal masakan kanton.

Kanton ini merupakan masakan dari daerah China bagian selatan yang berkarakter berkuah kaldu jeroan. Selain itu juga menggunakan rempah dan bahan yang berasal dari tepung dengan taburan bawang putih goreng.

Perkembangan soto sendiri di Indonesia sebagian besarnya berawal dari jalur perdagangan laut, yakni java sea Zone. Kawasan ini meliputi jalur Pantai Utara Jawa, Sulawesi, dan Psesie Selatan Kalimantan. Banjar menjadi salah satu daerah yang banyak di datang oleh para pedagang yang masuk Indonesia melalui jalur laut.

Bahan yang Digunakan

Bahan utama dari Soto Banjar Kalimantan Selatan ini merupakan ayam kampung. Untuk bumbu yang terpakai berupa bawang putih, bawang merah, dan merica. Tidak seperti soto khas dari Jawa yang menggunakan kunyit dalam proses memasaknya, soto ini tidak menggunakan kunyit. Namun, sebagai gantinya menggunakan rempah-rempah.

Rempah-rempah yang terpakai seperti biji pala, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Daging ayam masuk ke rebusan air bersama dengan jahe, daun salam, dan garam. Kemudian rempah dan bumbu tadi ditumis serta dicampurkan ke dalam kuah kaldu sisa dari rebusan ayam. Kombinasi antara rempah-rempah dan kaldu ayam akan menghasilkan cita rasa yang khas untuk Soto Banjar.

Cara Penyajian

Pada umumnya soto akan tersaji bersama nasi, tetapi Soto banjar Kalimantan Selatan ini tersaji dengan ketupat atau lontong. Satu mangkuk dari Soto ini berisi ketupat, mie soun, perkedel kentang, irisan telur rebus, daun bawang, dan seledri. Tidak lupa dengan daging ayam yang sudah penjual suwir-suwir.

Penjual akan mengangkat rempah-rempah agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu soto terhidang. Jika Anda tidak menyukai soto dengan ketupat bisa menyantap soto bersama nasi. Namun, nantinya namanya bukan Soto Banjar lagi. Jika tetap ingin menggunakan nasi, Anda bisa memesan Nasi Sop atau Sop Banjar.

Saat menyantap Sop atau Soto Banjar Kalimantan Selatan tidak terasa lengkap jika tidak bersama dengan sate ayam khas kuahnya yang manis. Menyantap Soto Banjar dengan sate menjadi tradisi untuk menikmati makanan kha Banjarmasin ini. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini