Beranda Sport Hasil Semifinal Piala AFF 2022 di Leg I : Timnas Indonesia vs...

Hasil Semifinal Piala AFF 2022 di Leg I : Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

0
Timnas Indonesia vs Vietnam
Skuad Indonesia mengerubungi bek Vietnam Doan Van Hau di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (06/01/2023) sore WIB. / Bola.net

Hasil semifinal Piala AFF 2022 di Leg I Timnas Indonesia vs Vietnam pada Jumat (6/1/2023) sore WIB berakhir dengan skor 0-0.

Pertandingan semifinal Piala AFF 2022 di Leg I Timnas Indonesia vs Vietnam berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sejatinya skuad Garuda menjadi tim yang paling banyak menciptakan peluang, namun tak ada satu pun gol yang tercipta.

Hal itu dikarenakan buruknya penyelesaian akhir Marc Klok dan kawan-kawan. Dengan hasil 0-0 itu, setidaknya Timnas Indonesia mengamankan clean sheet. Hal itu berguna demi menjaga agar Vietnam tak memiliki keuntungan gol tandang.

Alhasil kepastian siapa yang akan lolos ke final Piala AFF 2022 akan ditentukan di leg kedua di kandang Vietnam nanti.

Selanjutnya, leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Senin 9 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Jalannya pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam

Babak Pertama

Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam
Aksi bek Timnas Indonesia Fachruddin Aryanyo saat melawan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (06/01/2023) sore WIB. (c) Bola.net/Bagaska

Di awal babak pertama pertandingan dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim sama-sama berhati-hati membangun serangan.

Vietnam di 15 menit awal menguasai penguasaan bola. Namun anak asuh Park Hang-seo itu tidak tergesa-gesa untuk melancarkan serangan ke arah timnas Indonesia.

Perlahan tapi pasti, timnas Indonesia mulai meningkatkan tempo permainan. Anak asuh Shin Tae-yong itu mulai rajin menebar ancaman ke gawang Vietnam.

Peluang berbahaya pertama di laga ini tercipta di menit 31. Yakob Sayuri menerima bola muntah di luar kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan keras, namun sayang bola masih melebar dari gawang Vietnam.

Beberapa menit berselang, giliran Marselino Ferdinan yang mendapatkan peluang emas. Berawal dari umpan panjang Jordi Amat, wonderkid Persebaya itu berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Vietnam. Namun sayang tembakannya berhasil diamankan oleh Dan Van Lam.

Kedua peluang emas itu sukses membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri menyerang. Namun di akhir-akhir babak pertama, tempo permainan Indonesia mulai menurun sehingga skor 0-0 menutup jalannya babak pertama.

Babak Kedua

Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam
Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan dilanggar pemain Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (06/01/2023) sore WIB. (c) Bola.net/Ba

Di jeda pertandingan kedua pelatih tidak melakukan pergantian pemain. Kedua tim sama-sama tancap gas di awal babak kedua.

Namun di babak kedua ini tensi pertandingan semakin memanas. Vietnam terutama beberapa kali melepaskan tekel-tekel keras untuk menghentikan aliran bola Indonesia.

Salah satu pelanggaran keras dibuat oleh Doan Van Hau kepada Dendy Sulistyawan. Namun bek timnas Vietnam itu lolos dari hukuman kartu oleh wasit.

Di pertengahan babak kedua ini, Vietnam kembali dominan. Bedanya kali ini The Golden Star mulai membombardir gawang Indonesia dengan serangan-serangan mereka.

Di 10 menit terakhir, Indonesia tampil lebih dominan. Skuat Garuda membombardir pertahanan Vietnam.

Di masa injury time, Yakob Sayuri memiliki peluang emas melalui tembakannya dari sisi kanan, namun bola mengarah tepat ke arah kiper Vietnam.

Hingga peluit tanda berakhirnya babak kedua dibunyikan, kedudukan 0-0 bertahan.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Rizky Ridho, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam; Fachruddin Aryanto, Marc Klok; Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri; Dendy Sulistyawan

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam; Bui Tien Dung; Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Do Duy Manh, Vu Van Thanh; Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung; Nguyen Tien Linh, Phan Van Duc

Pelatih: Park Hang-seo

Statistik Pertandingan

Indonesia – Vietnam
Goal: 0-0
Total Shots: 8-4
Shots on Target: 2-2
Posession: 44%-56%
Fouls: 10-11
Offside: 4-0

Pertandingan Berikutnya

Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022
Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia
Jadwal: Senin, 9 Januari 2023
Kick Off: Pkl 19.30 WIB
Venue: My Dinh National Stadium
Live: RCTI

kaje/red

sumber: okezone dan bolanet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini