Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S. mantan Walikota Bontang dua periode pada kegiatan CFD di jalan Efendi BTN-PKT Kelurahan Belimbing saat mendampingi istriya Walikota Bontang, Neni Moerniaeni, Sabtu (8/2/2020) Pagi (Foto: Istimewa)

Bontang-Paragrafnews: Tips! Menjaga Kesehatan Bagi Bapak-Bapak Dan Ibu-Ibu Ala Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S. mantan Walikota Bontang dua Priode.

1. Cara mencegah osteoporosis pada ibu-ibu.

Wanita memang rentan terhadap osteoporosis. Lalu Bagaimana cara untuk mendeteksi osteoporosis dan cara mengobatinya. Berikut tipsnya:

– Olahraga secara teratur, dengan berjalan kaki 5000 langkah 3 kali dalam seminggu.

Olahraga menjadi bagian penting dalam mencegah osteoporosis. Tulang adalah jaringan hidup seperti otot yang bisa lebih kuat dan keras jika dilatih.

– Mencukupi kebutuhan kalsium.Seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Contohnya yang pertama, memakan ikan mas yang di goreng garing dimakan dengan tulang.

Kedua, makan ikan yang banyak matanya bu,” Ya makan ikan teri satu ember bu,” candanya.

2. Cara menghindari pikun bagi bapak-bapak.

– Jangan pernah pisah dengan Buku dan Al-Qur’an, terutama bagi yang sudah pensiun.

Maka dari itu terus, “Membaca, membaca dan membaca sebab otak itu sama dengan otot, jika lama tidak di pakai, ia akan mengecil makanya dirangsang terus untuk membaca buku, paling tidak kalau malam tidak membaca buku, bacalah Al-Quran,” pesannya.

Nah! Untuk bapak-Ibu diatas umur 60-an agar sehat jantung, hati dan pangkreasnya selain melakukan olahraga rutin, maka kurangi makan – makanan bergaram, makanan berlemak dan perbanyak minum air putih.

“Sedangkan untuk kesehatan paru-paru bagi bapak-bapaknya, maka berhentilah merokok,” tegasnya.

Untuk diketahui tips menjaga kesehatan dari Dr.dr. H. A. Sofyan Hasdam Sp.S. mantan Walikota Bontang dua Priode ini disampaikan pada kegiatan CFD Kelurahan Belimbing saat mendampingi istriya Walikota Bontang, Neni Moerniaeni, Sabtu (8/2/2020) Pagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here