Beranda News 8 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Terawat

8 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Terawat

0
Tips Menjaga Kesehatan Kulit
pexels.com

Tips menjaga kesehatan kulit perlu Anda coba terapkan. Sebagai organ tubuh terbesar serta terluar, kulit manusia mudah terkontaminasi akan bakteri dan kotoran. Jika mengabaikan kesehatan kulit bisa membuat gangguan kesehatan lebih serius. Untuk itu, pentingnya dalam menjaga kesehatan kulit dengan cara tepat.

Perawatan kulit tentu saja bukan hanya meliputi penggunaan produk-produk skincare, namun juga perawatan dari dalam dengan menjalankan pola hidup sehat. Perlu Anda perhatikan jika ingin memperoleh kecantikan kulit dari luar dan dalam.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit
pexels.com

Ikuti 8 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Paling Mudah

Memperhatikan kesehatan kulit adalah hal yang sangat penting. Tentu menjadi dambaan setiap orang untuk memiliki kulit sehat dan terawat sehingga akan menunjang penampilan lebih percaya diri. Bahkan juga bisa mencegah untuk terhindar dari risiko berbagai penyakit kulit.

Namun sayangnya, tidak semua orang tahu mengenai cara menjaga kesehatan kulit yang benar. Sebagian orang bahkan dengan sengaja memilih mengabaikannya. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa langkahnya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan sehat, seperti buah dan sayur memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan kulit. Misalnya vitamin C pada jeruk, stroberi, dan brokoli berguna untuk mencegah munculnya kerutan pada kulit.

Sementara itu, vitamin E yang bisa jumpai pada alpukat, anggur, serta tomat. Fungsinya juga tak kalah penting, yakni untuk mencegah kerusakan sel kulit dengan sifat antioksidannya.

Gunakan Tabir Surya

Tips menjaga kesehatan kulit lainnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan tabir surya. Tabir surya tersebut memiliki kandungan SPF dan PA yang bisa melindungi kulit akibat paparan dari sinar UV berlebih, seperti iritasi, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit.

Untuk mendapatkan perlindungannya, saat ini bisa aplikasikan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30. Sebaiknya ulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali.

Gunakan Pelembap

Tidak hanya untuk pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak juga bisa mengaplikasikan pelembap dalam menjaga kesehatan kulit. Selain melembapkan, pelembap juga berguna untuk mencegah keriput serta menjaga keutuhan skin barrier.

Istirahat Cukup

Jika Anda mendapatkan tidur yang cukup juga bisa memberikan kulit waktu untuk istirahat. Selain itu, juga akan memperbaiki sel yang mengalami kerusakan. Penelitian mengungkapkan, jika orang yang mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam saat malam memiliki kulit yang lebih lembap. 

Selain itu, dengan memperoleh cukup waktu tidur akan mencegah terbentuknya kantung mata. Kerusakan pada kulit yang terjadi akibat paparan sinar UV serta kulit kusam juga bisa Anda hindari. 

Tidak Merokok

Tips menjaga kesehatan kulit selanjutnya yakni dengan tidak merokok. Aktivitas ini memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah kecil untuk lapisan kulit paling luar. Sehingga, terjadi penurunan aliran darah dan kulit akan tampak pucat serta kusam. 

Selain itu, merokok juga akan memicu kerusakan elastin dan kolagen di jaringan kulit. Padahal, keduanya adalah protein yang penting dalam menjaga elastisitas serta kesehatan kulit. Kerusakan ini akan membuat terbentuknya kerutan pada kulit dan kulit juga terlihat lebih tua. 

Kelola Stres dengan Benar

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda juga bisa mengelola stres dengan baik dan benar. Stres yang tidak terkontrol justru membuat kulit lebih sensitif, akan memunculkan jerawat serta masalah kulit lainnya. Jika ingin memiliki kulit yang sehat dan kondisi pikiran sehat, ada langkah terbaik dalam mengelola stres.

Pastikan tidur yang cukup, dengan menetapkan batas aktivitas yang wajar. Anda perlu kurangi daftar tugas, serta luangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai. Hal-hal tersebut akan membawa hasil yang menakjubkan untuk kondisi kulit dan tubuh secara keseluruhan.

Aktif Bergerak

Melakukan aktivitas fisik secara rutin juga termasuk tips menjaga kesehatan kulit. Caranya mudah yakni dengan meningkatkan asupan darah kaya nutrisi serta oksigen pada sel kulit. Menurut studi, tubuh akan melepaskan suatu senyawa yang dikenal dengan IL-15 saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. 

Nutrisi dan oksigen yang tepat sangat baik dalam membantu sel kulit meremajakan diri. Sementara, IL-15 bisa membantu menghambat proses kerusakan kulit hingga ke tingkat sel. Sehingga kulit akan tetap sehat serta tidak mengalami proses penuaan dini dengan cepat. 

Hindari Alkohol

Perawatan kulit menjadi tidak optimal jika mengkonsumsi banyak alkohol. Sebab, alkohol hanya akan membuat produksi kolagen berkurang. Bahkan jika kulit kekurangan kolagen, maka proses perbaikan kulit mengalami perlambatan sehingga kerutan serta garis halus muncul lebih cepat.

Selain itu, alkohol juga bisa melebarkan pembuluh darah, terlebih pada area sekitar mata. Pembuluh darah yang lebar hanya membuat kulit kemerahan dan memicu pembengkakan pada daerah kelopak mata.

Beberapa tips menjaga kesehatan kulit bisa Anda coba lakukan. Sebaiknya terapkan secara disiplin untuk memperoleh hasil kulit sehat lebih maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini