Beranda News Ungkap Fakta Tentang Dosen UII Hilang, Cek di Sini!

Ungkap Fakta Tentang Dosen UII Hilang, Cek di Sini!

0
Ungkap Fakta Tentang Dosen UII Hilang, Cek di Sini!
Foto: tvonenews.com

Berita tentang dosen UII hilang menjadi salah satu berita yang trending di sosial media. Diberitakan dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, bernama Ahmad Munasir Raf’ie Pratama sebelumnya memang sempat dilaporkan hilang.

Saat itu ia tengah mengikuti rangkaian aktivitas akademi global yang diselenggarakan oleh USN (University of South-Eastern Norway) di Norwegia. Pihak keluarga sudah melaporkan kejadian pada kepolisian. Sementara itu pihak kampus terus melakukan upaya untuk menelusuri jejak dosen tersebut.

Fakta-Fakta tentang Dosen UII Hilang

Berikut ini beberapa fakta mengenai dosen UII hilang yang saat ini menghebohkan jagat dunia maya. 

1. Bersama dengan Rektor UII

Fathul Wahid selaku rektor UII menyatakan bahwa ada 4 orang yang berangkat menuju ke Norwegia, termasuk dirinya. Tim tersebut kemudian mengunjungi USN dalam kegiatan untuk mempererat kerjasama antara dua universitas.

Seminggu beraktifitas di universitas tersebut sejak tanggal 5 Februari dan pada tanggal 12 Februari tim kemudian menuju ke Bandara Ozio. Fathul menyebut terakhir berjumpa dengan Ahmad di Norwegia yaitu pada tanggal 11 Februari malam.

Sedangkan anggota tim yang lain terakhir bertemu dengan dosen UII hilang tersebut, yaitu pada tanggal 12 Februari.

2. Pulang Via Turki

Rute perjalanan pulang anggota tim tersebut yaitu Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul kemudian ke Jakarta. Semua anggota dari tim tersebut kembali ke Indonesia melewati Turki, tapi berbeda penerbangan.

Ahmad yang merupakan dosen UII tersebut tidak berbagi informasi mengenai penerbangan yang ia ambil secara detail pada teman-temannya di UII serta pada istrinya.

3. Dosen UII Hilang Mengirim Pesan ke Istri

Ahmad disebutkan sempat mengirimkan pesan terakhir pada sang istri pada tanggal 12 Februari siang atau beberapa saat sebelum akhirnya ia menaiki pesawat menuju ke Istanbul. Dalam pesan tersebut ia menuliskan menunggu boarding’.

Sejak saat itulah Ahmad tak pernah lagi mengirim pesan pada istrinya. Upaya telah dilakukan untuk menghubungi Ahmad melalui kanal daring, termasuk juga menggunakan email. Tapi tak satupun ada respon

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Ahmad sebelumnya pada sang istri, ia nantinya akan mendarat di Kota Jakarta pada pukul 18.00 WIB tanggal 16 Februari. Adik Ahmad menunggu di pintu kedatangan namun ia tidak kunjung mendapati keberadaan kakaknya.

Setelah melakukan konfirmasi ke pihak angkasa pura, dosen UII hilang Ahmad tidak ada di dalam manifest penerbangan tersebut.

4. Jejak Digital di Istanbul

Saat ini upaya untuk mencari keberadaan Ahmad terus dilakukan. Salah satunya yaitu melalui panggilan jejak digital. Dari panggilan jejak digital tersebut memastikan bahwasanya Ahmad telah meninggalkan Norwegia dan berada di Turki.

Fathul menyebut selain rekaman aktivitas Google Drive pada 13 Februari, tim dari UII juga menemukan jejak digital yang lain dosen UII hilang. Menurutnya di sini Ahmad sempat terkoneksi ke internet menggunakan koneksi virtual private yang mengarah ke kampus UII.

Lokasi akses tersebut berada di sekitar Istanbul pada tanggal 12 Februari sekitar pukul 19.00 hingga pukul 23.00 waktu setempat. 

Selain itu juga informasi yang didapat oleh UII dari KBRI Oslo menekankan temuan jejak digital tersebut. Pihak polisi di Oslo memastikan bahwasanya catatan dari imigrasi di bandara Oslo menunjukkan bahwasanya dosen tersebut sudah tidak berada di Schengen sejak 12 Februari.

5. Yellow Notice

Tim pusat krisis UII mengirimkan surat pada Sekretariat National Central Bureau agar menerbitkan yellow notice pencarian orang hilang untuk Dosen Ahmad. 

Selain itu juga tim melakukan pengajuan permohonan perlindungan terhadap dosen UII hilang Ahmad melalui pelayanan serta perlindungan WNI di luar negeri.

Baca juga:

Proses Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Jatuh Mengalami Kendala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini