Beranda Internasional Waduh ! Enam Wartawan Ditangkap Lantaran Meliput Presiden Sudan Ngompol

Waduh ! Enam Wartawan Ditangkap Lantaran Meliput Presiden Sudan Ngompol

0
Presiden Sudan Ngompol
Momen presiden Sudan Selatan Salva Kiir berdiri untuk lagu kebangsaan, awalnya tidak menyadari noda yang timbul dicelananya

Enam wartawan telah ditangkap oleh pasukan keamanan Sudan Selatan menyiarkan rekaman liputan presiden Sudan Selatan Salva Kiir yang tampaknya ngompol.

Sebelumnya, sebuah video beredar di media sosial yang menayangkan saat Presiden Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit mengalami momen yang memalukan dalam acara resmi baru-baru ini yang dia hadiri bersama pejabat tinggi pemerintah lainnya.

Dalam video itu, presiden Sudan Selatan terlihat mengencingi dirinya sendiri atau ngompol saat membawakan lagu kebangsaan negara itu di sebuah acara peresmian jalan.

Di video itu, Kiir terlihat berdiri di depan dengan tangan di dada. Saat video diputar, celana Presiden mulai basah kuyup mulai dari selangkangan hingga mata kaki.

Kemudian, pada hari Jumat, Komite untuk Melindungi Jurnalis (CPJ) melaporkan bahwa enam jurnalis yang bekerja di Perusahaan Penyiaran Sudan Selatan (SSBC) yang dikelola negara telah ditahan oleh pihak keamanan nasional negara tersebut karena dicurigai merilis rekaman tersebut secara tidak sah.

Akibatnya, pertikaian kode etik jurnalis berkecamuk usai pemimpin Sudan Selatan mengompol disiarkan langsung TV
CPJ.

Media lokal melaporkan ke enam wartawan yang ditangkap antara lain, direktur ruang kontrol Joval Tombe, operator kamera dan teknisi Victor Lado, operator kamera Joseph Oliver dan Jacob Benjamin, operator kamera dan teknisi Mustafa Osman, dan ruang kontrol. teknisi Cherbek Ruben.

Sementraa itu, Muthoki Mumo, perwakilan Afrika sub-Sahara CPJ , mengecam atas tindakan tersebut. Dia mengatakan penangkapan oleh pihak keamanan adalah sewenang-wenang, setiap kali pejabat menganggap liputan tidak menguntungkan.

“Pihak berwenang harus membebaskan enam karyawan SSBC ini tanpa syarat dan memastikan bahwa mereka dapat bekerja tanpa intimidasi lebih lanjut atau ancaman penangkapan,” kata Mumo.

Persatuan Jurnalis Sudan Selatan (UJOSS) – yang awalnya membantah laporan bahwa jurnalis telah ditangkap karena video tersebut, kini menyerukan untuk dilakukan penyelidikan.

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir

Kiir telah memerintah Sudan Selatan sejak kemerdekaannya pada tahun 2011, sebuah kepresidenan yang dirusak oleh pertempuran dengan kelompok sempalan dari Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan yang berkuasa – mengakibatkan ratusan ribu orang tewas dan menimbulkan kekerasan seksual, tindakan keras terhadap oposisi dan korupsi politik.

Tidak ada pemilihan yang diadakan di negara itu sejak Kiir mengambil alih kekuasaan, meskipun pemungutan suara dijadwalkan pada tahun 2024.

kaje/red
sumber: theguardian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini