Beranda News Wisata Liang Mangkulangit, Destinasi Wisata Alam nan Indah

Wisata Liang Mangkulangit, Destinasi Wisata Alam nan Indah

0
Wisata Liang Mangkulangit
id.pinterest.com

Wisata Liang Mangkulangit sebagai destinasi traveling yang menakjubkan dengan keindahan suasananya sehingga membuat pengunjung selalu betah berada di sana. Ya, destinasi traveling ini terletak di provinsi Kalimantan Timur.

Berbicara mengenai keberagaman yang ada di provinsi Kalimantan Timur memang tidak akan ada habisnya. Apalagi jika hal itu membahas tentang semua destinasi wisatanya. Sudah tentu dipikiran Anda ingin pergi berlibur dan menikmati semua keindahannya.

Memang sudah tidak mengherankan lagi, sebab Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona akan keindahan yang cukup menakjubkan. Salah satunya yaitu Bukit Karst Liang Mangkulangit ini.

Bukit karst megah dengan sungai di bawahnya yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata Kalimantan. Baik pada hari libur bahkan hari-hari biasa, tempat healing ini pasti dipadati oleh para pengunjung, entah itu yang berasal dari kota atau luar kota.

Wisata Liang Mangkulangit
id.pinterest.com

Lokasi Dan Rute Wisata Liang Mangkulangit

Wisata Liang Mangkulangit berlokasi di desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Untuk Anda yang ingin berkunjung, agar bisa mencapai lokasinya harus melakukan perjalanan dari Kota Balikpapan menuju ke arah Tanah Grogot. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Setelah itu, Anda tinggal menuju ke Kecamatan Muara Komam, kemudian melanjutkan ke arah Desa Lusan sekitar 5 km saja. Lalu turunlah di jembatan Kandilo. Nah, dari jembatan Anda bisa menyewa perahu motor ke hulu sungai yang mana butuh waktu sekitar 10 menit perjalanan.

Daya Tarik Bukit Karst Liang Mangkulangit

Setelah Anda tahu lokasi dan rute menuju ke Bukit Karst Liang Mangkulangit, kini selanjutnya Anda harus tahu daya tarik disana yang bisa memikat semua pengunjung dan merasa betah mengunjungi tujuan wisata di  Kaltim satu ini.

Pastinya ada hal membuat orang betah dan juga seru ketika berlibur ke lokasi bukit Kaltim ini. Biasanya, salah satu alasan banyak orang mengunjungi tempat traveling tersebut yakni keindahan, keeksotisan serta suasana yang disuguhkan oleh destinasi itu sendiri.

Tak terkecuali pesona panorama dari Bukit Karst Liang Mangkulangit tersebut. Sudah banyak kalangan mengunjungi tempat ini, mulai dari anak muda hingga dewasa bahkan anak-anak sekalipun. Daya tarik dari wisata ini membuat semua orang merasa penasaran untuk bertandang kesana.

Berikut daya tarik dari Liang Mangkulangit.

Memiliki Makna Mendalam

Bukit karst sendiri adalah sebuah bentuk dari permukaan bumi yang terdiri atas beberapa cekungan, perbukitan kecil, dan juga terdapat sejumlah sungai yang berada di bawah permukaan tanah, serta adanya goa tersembunyi. Sementara itu, untuk Liang Mangkulangit ini memang memiliki makna yakni “Goa Mengangkat Langit”. Nama itu cocok dipakai untuk destinasi wisata ini. Sebab bentukan lanskapnya yang  menjorok ke atas seakan-akan mengangkat langit.

Objek Sebuah Gunung Baru

Daya tarik kedua adalah sebagai gunung baru yang memiliki fungsi menjadi dinding dan juga atap bagi Sungai Kandilo. Selain keindahan dinding serta tebing, batu yang ada di sekitarnya pun cukup tinggi. Pesona alam yang tersaji oleh kawasan satu ini memang masih asri dan alami.

Jadi, di sekitar objek wisata Liang Mangkulangit masih terdapat berbagai jenis satwa liar yang masih hidup bebas dan beragam pepohonan besar menjulang dengan indahnya.

Bebatuan Terbaru Lumut Hijau

Menariknya lagi dari tempat wisata Kaltim ini yakni sebagian bebatuannya terbalut dengan lumut berwarna hijau. Ditambah lagi dengan suara tetesan air jatuh dari bebatuan yang menambah pesona bukit karst ini. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi alam yang satu ini. Jadi, bagi para pengunjung tak heran jika merasa sangat betah dan ingin berlama-lama saat mengunjunginya.

Terdapat Aliran Sungai Kandilo Alami

Ya, Bukit Karst Liang Mangkulangit nan indah ini terdapat aliran dari air sungai yang juga masih asri dan alami yakni Sungai Kandilo. Oleh sebab itu, para pengunjung bisa mengagumi keindahannya dari sisi dinding bebatuan.

Lokasi Masih Terjaga

Ketika para pengunjung masuk ke dalam goa ini, maka akan melihat sebuah suasana dan pemandangan yang sangat menakjubkan dari kemegahan tebing serta panorama yang masih asri nan alami.

Tak heran jika Liang Mangkulangit memiliki potensi alam sangat melimpah. Apalagi adanya beragam satwa liar masih hidup di sekitar hutan. Tentunya semakin menambah hadirnya suasana sejuk dengan suara-suara hewan.

Bahkan satwa tersebut merupakan hewan endemik Provinsi Kalimantan Timur masih hidup di sekitar hutan. Lokasi tujuan wisata tersebut dikelilingi oleh dinding terjal dengan gua yang ada di atas sungai dan punya ukiran yang tampak sangat eksotis.

Adanya Perbukitan Nan Hijau

Daya tarik selanjutnya dari Liang Mangkulangit yakni terdapat keindahan yang telah disajikan oleh perbukitan hijau dan membentang cukup luas. Sehingga membuat para pengunjung datang kesini terkagum-kagum.

Kegiatan Bukit Karst Liang Mangkulangit

Ketika Anda berkunjung ke Liang Mangkulangit, Anda bisa menikmati segala kemegahan dinding dan keindahan tebing karst yang beragam macamnya. Keindahan tebing itu hanya bisa Anda temukan di sepanjang perjalanan menggunakan perahu untuk menuju ke lokasi Liang Mangkulangit.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berswa foto agar laman sosial media makin keren dan kekinian dengan background wisata satu ini. Selain foto Anda pengunjung juga bisa mengelilingi sekitar wisata bukit karst Kaltim ini untuk mengeksplor keindahan alamnya.

Jadi itulah informasi mengenai Wisata Liang Mangkulangit  yang merupakan destinasi wisata alam di Kalimantan Timur alam ini. Kini giliran Anda bersama keluarga Anda untuk mengunjungi wisata traveling alam yang menawarkan pesona ini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini