Home Nasional Anwar Hafid : Menteri ATR-Kepala BPN Baru Dapat Berantas Habis Mafia Tanah

Anwar Hafid : Menteri ATR-Kepala BPN Baru Dapat Berantas Habis Mafia Tanah

Salah satunya persoalan tanah dengan status hak guna usaha (HGU). Dimana masyarakat diperhadapkan dengan korporasi

0
Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid / dok. DPR RI

Paragrafnews.com: Terpilihnya Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN dapat memberantas mafia tanah di Indonesia. Dimana permasalahan itu sering kali membebani masyarakat dan menimbulkan persoalan besar, demikian kata Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid.

Baca Juga: Sektor Industri Mulai Pulih setelah Covid-19 Melandai, Legislator Desak Penambahan Subsidi Solar

“Saya mendukung dilantiknya Pak Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Karena memang dibutuhkan sosok yang tegas dan berani dalam mengatasi persoalan pertanahan di Indonesia,” ungkap Anwar Hafid kepada wartawan, baru-baru ini dikutip dpr.go.id, Minggu (20/6)

Dijelaskannya, masalah pertanahan menjadi persoalan yang terus dibahas bersama mitra kerja mereka yakni Kementerian ATR/Badan Pertanahan Negara (BPN). Salah satunya persoalan tanah dengan status hak guna usaha (HGU). Dimana masyarakat diperhadapkan dengan korporasi.

Sementara Hadi yang juga seorang Mantan Panglima TNI dengan jiwa NKRI nya sangat kuat, pasti akan selalu berkomitmen bersama rakyat. Sebagaimana yang kerap diungkapkan Presiden Joko Widodo, untuk selalu menyelesaikan tanah rakyat. Dan Hadi merupakan sosok yang punya keberanian untuk melaksanakannya.

Pasalnya sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar 1945 dimana bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

“Menteri ATR harus berani membersihkan internal lembaganya dari tingkatan pusat hingga daerah,” kata Anwar Hafid.

Terkait sosok Hadi Tjahjanto yang bukan berlatar belakang dari partai politik, politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini mengingatkan bahwa hal itu lebih mempermudah kinerjanya dalam melaksanakan tanggung jawab dari presiden.

“Justru tidak dari parpol, lebih bisa melaksanakan dengan sangat leluasa, tidak terkooptasi dengan kepentingan politik,” jelasnya

Sebagaimana diketahui bersama, Presiden Joko Widodo Rabu (15/6) kemarin, Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta beberapa wakil menteri lainnya, di Istana Negara, Jakarta.

Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI periode 2017-2021. Ia ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil. (red/**)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
sumber:dpr.go.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here