Beranda Daerah Cegah Covid-19 Kelurahan Belimbing Terapkan One Gate Sistem

Cegah Covid-19 Kelurahan Belimbing Terapkan One Gate Sistem

Pantau Warga Keluar Masuk Pemukiman

0
Lurah Belimbing Ade Darmawan di dampingi Bhabinkamtibmas, Aiptu Bambang Wahyudi dan personil security Pos melaksanakan monitoring pengecekan suhu tubuh bagi warga yang hendak masuk ke kawasan BTN PKT (Foto: Istimewa)

Bontang – Paragrafnews.com: Meskipun Kota Bontang sudah dinyatakan tidak ada lagi yang positif terpapar virus Corona Covid-19, namun upaya untuk memutus dan mencegah penyebarannya. Kelurahan Belimbing, Bontang Barat menerapkan akses One Gate Sistem atau satu pintu masuk.

Hal ini dilakukan untuk mengawasai keluar masuknya kendaraan dan orang dilingkungan warga, khususnya diwilayah perumahan BTN PKT.

Kelurahan Belimbing pada saat melaksanakan patroli di Jl. Menjangan BTN PKT, Sabtu 11/4/2020 (Foto: Istimewa)

Akses satu pintu masuk ini diterapkan karena alasan untuk membatasi aktivitas warga dan mengawasi keluar masuknya orang asing ke pemukiman penduduk. Sistem yang dilakukanpun berupa wajib lapor saat hendak keluar dan masuk lingkungan, bahkan tidak hanya melapor tapi juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan Hand sanitizer bagi warga yang hendak masuk pemukiman.

Lurah Belimbing, Ade Darmawan, menuturkan One Gate Sitem ini merupakan pembatasan sebagai upaya membatasi pergerakan warga masuk dan keluar area BTN dalam mendukung program Pemkot Bontang dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19), Ujarnya pada saat melaksanakan patroli rutin di Jl. Menjangan BTN PKT, Sabtu, 11/4/2020, Malam.

Suasana di Gerbang masuk kawasan BTN PKT (Foto: Istimewa)

Kata Ade Darmawan, pembatasan dimaksud dengan memberlakukan 1 pintu untuk akses keluar masuk area BTN yaitu di Jl. Menjangan sedangkan Jl. Effendi dan Jl. Manggis ditutup.

Ade Darmawan menjelaskan, adapun mekanisme One Gate Sistem sebagai berikut:
a. Pagi, buka jam 6.30 wita
b. Malam, tutup jam 21.00 wita, dan wajib lapor security dan tinggalkan KTP jika akan keluar untuk warga BTN dan masuk untuk warga luar BTN.

c. Bus besar karyawan PKT (sesuai koordinasi) masih dapat menggunakan Jl. Manggis dengan pengawalan dari petugas security PKT dan Kamtib PKT.

d. Setiap warga yang akan masuk area perum BTN minimal dihimbau utk melaksanakan Protokol Kesehatan seperti perbanyak stay at home, sering cuci tangan pakai sabun, mengenakan masker dll.

e. Jika ada warga yang mau masuk ke area BTN dan tidak ada keperluan mendesak (masih bisa komunikasi lewat HP), dan dikategorikan yang tidak berkepentingan dapat di larang masuk/diminta balik kanan apalagi kalau terjadinya diatas pkl. 21.00 wita

f. Pelaksana di lapangan adalah security dibwh koordinasi BPP BTN, dibantu FKPM-Trantib dan Karang Taruna Kel. Belimbing bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

g. Perlengkapan dan peralatan yang digunakan sbb :
1. Hand Sanitizer
2. Thermal Gun
3. Masker petugas
3. Traffic cone
4. Bantuan 2 set Tenda dari Disperindagkop.

h. Himbauan dilakukan dengan memasang Baliho, Spanduk dan Running Text yang dipasang di pintu masuk serta share Leaflet melalui WhatsApp ke Ketua RT dll. untuk diteruskan kembali ke warganya dan group WhatsApp lainnya

i. Kegiatan ini berjalan dengan baik berkat kolaborasi pihak Kelurahan dgn 33 RT di lingkungan BTN (iuran sukarela untuk operasional), BPP BTN, FKPM Trantib, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan warga sekitar Jl. Menjangan serta bantuan dari pihak CSR Perusahaan seperti PKT, KPI dan lainnya

Diakhir Lurah Ade Darmawan, mengucap. Semoga kegiatan ini yang kami mulai dari tanggal 1 April 2020 sampai waktu yang belum ditentukan, dapat meminimalisir penyebaran virus covid-19 dan keadaan biasa normal sedia kala. Aamiin.

MARI TERAPKAN PHBS DAN PROTOKOL KESEHATAN.

MARI KITA BERSAMA CEGAH COVID-19.

BONTANGKU, BONTANGMU, BONTANG KITA SEMUA.

BONTANG JAGO.

Baner seruan perangi Covid-19 yang terpampang di Gerbang masuk kawasan BTN PKT di Jl. menjangan (Foto: Istimewa)
Baner seruan perangi Covid-19 yang terpampang di Gerbang masuk kawasan BTN PKT di Jl. menjangan (Foto: Istimewa)

(Kaje/hrmn)

Artikulli paraprakFJB & Bontang Food Peduli, Beri Bantuan Bagi Tim Medis & Warga Terdampak Corona
Artikulli tjetërWalaupun 1 Pasien Positif Di Bontang Sudah Sembuh, Wali Kota Tetap Ingatkan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini