Beranda News Dari Penulis, Momentum di Hari Bumi 2021

Dari Penulis, Momentum di Hari Bumi 2021

0
Penulis Yahya Yabo Reporter PKtv Bontang (Ist)

Bontang, Paragrafnews.com: Peringantan hari bumi selalu diperingati 22 April setiap tahunnya. Tahun ini, ditengah pandemi Covid-19 hari bumi diperingati. Dari sejarah hari bumi yang bermula pada tahun 1970, dimana gerakan modern peduli lingkungan menandai lahirnya hari Bumi, dikutip dari tirto.id.

Salah satu bagian terpenting dalam gerakan modern peduli lingkungan ini mengenai isu-isu lingkungan di planet bumi. Gerakan ini juga bermula di Amerika pada tahun 1960 hingga 1970. Dimana negara Amerika serikat konsen terhadap isu tentang efek pencemaran lingkungan.

Dari gerakan ini, pada akhir tahun 1960an, muncul beberapa aktifis lingkungan yang menyuarakan kesadaran lingkungan seperti isu pencemaran udara dari pabrik-pabrik besar serta mengenai pembuangan limbah yang belum jelas aturannya.

Pada tahun yang sama, Gaylord Nelson senator Amerika serikat menggaungkan ide pengembangan gagasan hari Bumi. Dimana menurutnya planet bumi telah dalam keadaan bahaya terkait isu lingkungan.

Pada peringatan hari Bumi Kamis, 22 April 2021 ini, tema yang diangkat yakni ‘pulihkan bumi kita’ ( Restore our Earth). Melalu tema ini difokuskan pada proses alam, pengembangan teknologi hijau dan pemikiran inovatif guna pemulihan ekosistem dunia.

Setiap tahunnya, ada 192 negara di dunia yang berpartisipasi dalam peringatan hari bumi. Ini menjadi peringatan Hari Bumi terbesar di dunia yang dilakukan warga sipil.

Momentum sadar lingkungan peringatan hari Bumi 2021 ini sudah seharunya menjadikan kita untuk bertindak dan melakukan sesuatu bagi lingkungan. Sebagai bagian dari kita yang hidup di bumi. Peduli lingkungan harus bergerak dari person masing-masing. Menyadarkan bagaimana pentingnya isu lingkungan saat ini.

Selain tanggung jawab person, Isu lingkungan juga harus menjadi perhatian pemerintah dan semua pihak. Terlebih pemerintah yang dapat menekan angka kerusakan pencemaran bumi dengan aturan-aturan yang seharusnya berpihak pada lingkungan dan bumi.

Dengan memulai dari person-person, maka akan muncul gerakan kelompok dalam menjaga lingkungan. Proses kehidupan sehari-hari juga turut berkontribusi dalam menjaga isu lingkungan. Seperti bertanggung jawab terhadap hasil sampah yang dihasilkan setiap harinya.

Setidaknya menjaga lingkungan kita mulai dari diri sendiri. Hal sederhana yang patut dilakukan menjaga lingkungan, konsen terhadap isu pencemaran lingkungan dan menjaga lingkungan dari sampah.

Selamat Hari Bumi 2021, dengan ini momentum untuk memulihkan ekosistem bumi secara bersama. Bagaimana dengan kalian?

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Kaje

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini