Beranda Nasional Debat SDGs Tahunan Kedua Berfokus untuk Melibatkan Pemuda dalam Pemulihan Pasca Pandemi

Debat SDGs Tahunan Kedua Berfokus untuk Melibatkan Pemuda dalam Pemulihan Pasca Pandemi

90
0
SDGs Indonesia (Foto: Amanda Andono Sudarwanto for Paragrafnews.com)

Jakarta – Paragrafnews.com: Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Luar Negeri dan Tanoto Foundation akan menyelenggarakan Debat SDGs Indonesia tahunan yang kedua, dengan fokus untuk melibatkan pemuda di tengah pandemi COVID 19.

Bertajuk “Bright YOUth, Better Planet”, acara virtual ini akan dimulai pada tanggal 12-26 Oktober 2020. Acara ini memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober dan merupakan bagian dari dukungan UNDP terhadap keterlibatan Pemerintah Indonesia dengan pemuda untuk menciptakan wacana global dan menanamkan “DNA SDGs” di kalangan kaum muda Indonesia.

Lebih dari 100 tim perguruan tinggi di seluruh Indonesia diharapkan untuk berpartisipasi. Tim-tim tersebut akan dikelompokkan menjadi empat wilayah. Semua peserta akan berpartisipasi dalam coaching clinic sebelum acara dimulai pada tanggal 12 Oktober. Pemenangnya akan diumumkan pada upacara khusus di Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober.

Pandemi COVID-19 telah menjadi tantangan khusus bagi kaum muda yang, terlepas dari perjuangan mereka, terus menjangkau komunitas yang rentan dan menjadi sukarelawan untuk membantu kelompok-kelompok yang termarjinalisasi.

Dengan latar belakang inilah acara tahun ini menyoroti bagaimana kaum muda Indonesia merespon tantangan COVID-19 dan bagaimana mereka bertindak dalam agenda SDGs.

“Sebagai pemimpin masa depan, pemuda harus memiliki visi global. Acara debat ini menyediakan platform untuk melibatkan pemuda dalam SDGs dan juga mengakui bahwa pemuda adalah salah satu unsur kunci untuk membangun kembali lebih baik dari COVID-19 dan untuk melanjutkan kembali upaya untuk mencapai SDGs dalam pemulihan pandemi,“ kata Ibu Sophie Kemkhadze, Deputy Resident Representative UNDP Indonesia, dalam press releasenya, Kamis (8/10/2020).

Oktober telah dijuluki sebagai ‘bulan pemuda’ di Indonesia, yang menandai pentingnya pendekatan seluruh lapisan masyarakat terhadap SDGs.

“Kita harus menciptakan kondisi untuk partisipasi aktif pemuda. Acara debat ini mendorong semangat kompetitif dan memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk belajar lebih banyak tentang SDGs dan peran mereka dalam membantu Indonesia mencapai targetnya di dekade mendatang,” kata Bapak Jean Satrijo Tanudjojo dari Tanoto Foundation.

UNDP dan Tanoto Foundation memiliki sejarah panjang kemitraan dalam memenuhi Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pada bulan Februari 2016, UNDP dan Tanoto Foundation bekerja sama untuk mengintegrasikan SDGs ke dalam agenda sub-nasional di provinsi Riau. Yayasan ini juga mendukung Inisiatif Kelapa Sawit Berkelanjutan (SPOI) UNDP dengan membantu petani swadaya dan petani plasma untuk mengelola perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan. Tahun lalu, Pemerintah Indonesia, UNDP, dan Tanoto Foundation mendirikan SDG Academy, sebuah platform pembelajaran untuk mempercepat kemajuan pencapaian SDGs di Indonesia.

“Saat kita menghadapi berbagai tantangan di Indonesia dan dunia pada umumnya, pemuda harus mengembangkan keterampilan yang akan membekali mereka dengan kemampuan untuk memimpin. Acara debat ini membangun keterampilan berpikir kritis yang meningkatkan cara mereka berkomunikasi, melibatkan diri, dan memimpin,” kata Ibu Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Unggulan dan Infrastruktur, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ BAPPENAS.

Sebagai informasi, putaran acara debat, termasuk babak final akan disiarkan di saluran media sosial UNDP dan di platform mitra media penyiaran kami.

Reporter: Redaksi Paragrafnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here